-->
Type Here to Get Search Results !

Satgas TMMD Pasang Portal Besi di Jalan Sekolah Antisipasi Kendaran Bermuatan Berat

PINGGIR (AktualBersuara.Com) - Guna mencegah kerusakan jalan Sekolah yang baru saja selesai disemenisasi, Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) dan Warga Dusun III Air Hitam, Desa Semunai, Kecamatan Pinggir, Bengkalis, Riau memasang satu set portal besi, Sabtu (04/06/22).

Pemasangan portal di simpang jalan Sekolah ditujukan guna mencegah lalu lintas kendaraan Over Dimension Over Loading (ODOL) jenis truk pengangkut hasil panen buah kelapa sawit dan kendaraan berat lainnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto selaku Dansatgas TMMD ke-113 menegaskan, pemasangan portal ditujukan guna menjaga kualitas dan kuantitas jalan Sekolah dari potensi kerusakan atas lalu lalang kendaraan berat.

“Kita harap kualitas dan kuantitas jalan yang telah selesai disemenisasi sempena program TMMD bisa bertahan dan berumur panjang. Untuk mencapainya, lalu lintas kendaraan berat harus kita cegah. Caranya dengan memasang portal, dan langkah ini sudah didiskusikan dengan warga setempat bahkan telah disetujui Kepala Desa Semunai,” kata Letkol Endik.

Hal yang sama diungkap Kepala Dusun III Air Hitam, Poso Dalimunte. Sembari memantau pemasangan portal di simpang jalan Sekolah Poso mengungkap, pihaknya tak ingin jalan cepat rusak akibat lalu lalang kendaraan berat.

Portal yang dipasang disebutnya mampu mencegah perlintasan kendaraan jenis truk bertonase berat. 

“Jalan sudah bagus berkat kemanunggalan TNI lewat program TMMD ke-113, jangan sampai rusak lagi gara-gara lalu lintas kendaraan berat. Oleh karena itu, kita pasangkan portal besi,” kata Poso menegaskan.

Selain kendaraan roda dua dan roda empat, kendaraan lain tak bakal bisa melenggang ke jalan Sekolah. Hal itu telah disepakati puluhan Kepala Keluarga (KK) yang bermukim di perkampungan Air Hitam, Semunai.

“Kalau mau melangsir hasil panen, pakai motor dan keranjang saja. Jangan sampai jalan ini rusak lagi hanya karena kepentingan non-sosial, truk tak boleh masuk. Kasihan nanti kalau jalan rusak, anak-anak jadi kesudahan menjangkau sekolah. Kita harus ikut serta menjaga kualitas dan kuantitas jalan ini, jangan sampai cepat rusak,” imbau Poso.

Di lokasi, tampak Letda (Arh) Nur Cholis bersama jajaran Satgas TMMD lainnya yang membantu warga memasang portal tersebut. Letda Nur Cholis berharap, portal yang telah dipasang mampu menyokong kelayakan jalan untuk digunakan sehari-harinya oleh masyarakat setempat.

“Semoga portalnya bermanfaat untuk mendukung kelayakan jalan Sekolah dan kita berharap masyarakat mendapat kemudahan atas peningkatan jalan yang telah dikerjakan oleh Tim Satgas dengan warga setempat,” harap Letda Nur Cholis. ** (Red/Brt)
Baca Juga