-->
Type Here to Get Search Results !

Kontrol Jantung Tak Lagi Terganjal Biaya

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan dapat memperoleh manfaat layanan seluruh pengobatan kesehatan berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. Tentu saja pelayanan tersebut dilakukan sesuai indikasi medis, mulai dari rawat jalan, rawat inap sampai operasi. Kenyamanan dan manfaat kesehatan tersebut telah banyak dirasakan peserta JKN-KIS seperti yang dialami oleh Darwin (75), warga Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Sejak setahun yang lalu, saya didiagnosa mengalami gangguan jantung setelah melakukan general check up. Saya harus rutin kontrol setiap bulan ke dokter karena ada masalah dengan jantung, namun tidak sepeserpun uang yang keluar karena saya menjadi peserta JKN-KIS," tuturnya, Kamis (02/06/22).

Ia merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit, khususnya di bagian poli jantung. Menurutnya, semua obat diterima tanpa harus membayar karena sudah dijamin oleh JKN-KIS tersebut.

"Alhamdulillah saya tidak perlu memikirkan biaya pengobatan dengan memiliki kartu BPJS Kesehatan, karena ada teman juga yang mengalami gangguan jantung harus kontrol setiap bulan ke dokter dengan mengeluarkan biaya besar," katanya.

Darwin merupakan salah satu peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) mandiri kelas 1 sejak lama, namun kini turun kelas menjadi peserta mandiri kelas 3 karena berbagai faktor. Salah satunya saat pandemi masuk ke Indonesia yang sangat berdampak pada usahanya. Namun dirinya tetap berupaya untuk tetap rutin membayar iuran. Hal ini karena dirinya menyadari pentingnya memastikan kartu yang dimiliki tetap aktif untuk kelancaran berobat.

"Diupayakan terus rutin bayar iuran. Saya rutin setiap bulan rawat jalan terus berobat sampai sekarang, pelayanannya luar biasa sekali. Saya merasa nyaman berobat dengan memanfaatkan Program JKN-KIS," ujarnya.

Ia berharap Program JKN-KIS ke depannya selalu ada untuk memberikan manfaat layanan kesehatan kepada masyarakat karena program tersebut sangat dibutuhkan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan. Program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan itu harus terus hadir untuk menjamin kondisi kesehatan seluruh masyarakat," katanya. ** (Red/Brt)
Baca Juga