-->
Type Here to Get Search Results !

Program Ketahanan Pangan, Wabup Bengkalis Panen Padi Bersama Dandim 0303 Bengkalis

BANTAN (AktualBersuara.Com) - Bupati Bengkalis diwakili Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso didampingi Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko dan Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia laksanakan panen padi bersama dalam rangka ketahanan panganan di wilayah Kodim 0303/Bengkalis. Selasa (15/11/2022), dilahan padi Desa Mentayan Kecamatan Bantan.

Wabup Bengkalis Bagus Santoso dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami memberikan apresiasi yang tinggi serta turut gembira, atas keberhasilan dan kesuksesan pak Dandim 0303 Bengkalis bersama para Koramil maupun Babinsa dan para petani padi yang tergabung dalam Gapoktan Bina Maju Desa Mentayan, dalam menggarap, merawat dan mengelola secara bersama lahan pertanian padi di Desa Mentayan ini hingga panen. 

"Semoga hasil panen ini kian menambah motivasi bapak ibu petani untuk lebih meningkatkan produksi dan produktivitas pada musim tanam berikutnya. Keberhasilan ini tentunya harus kita dukung dan menjadi contoh bagi kita semua karena tni, khususnya Korem 031 Wirabima dan Kodim 0303 Bengkalis beserta para petani yang tergabung dalam kelompok tani bina maju desa, secara tidak langsung telah ikut berkonstribusi secara nyata dalam peningkatan produksi dan produktivitas pangan, khususnya padi, di negeri junjungan ini," ucap Wabup.

Lebih lanjut mantan Anggota DPRD Bengkalis periode 2004 -2009 ini menambahkan produksi data terakhir kebutuhan beras di Kabupaten Bengkalis sekitar 49 ton atau 37 persen, sedangkan produksi beras sebesar 13 ton dan kekurangannya 35 ton. Artinya masih banyak kekurangan pasokan beras di Kabupaten Bengkalis. Sedangkan untuk lahan padi di Kabupaten Bengkalis berjumlah 2992 haktare, untuk lahan sawah di Metayan 187 haktare.

"Permasalahan yang terjadi saat ini adalah, disalah fungsikan lahan padi menjadi perkebunan sawit, untuk itu kami berharap melalui panen padi bersama ini menjadi semangat baru bagi para petani untuk kembali semangat menggeluti pertanian padi ini, karena dimasa kepemimpinan kami KBS pembangunan bidang pertanian, termasuk pertanian padi, merupakan salah satu prioritas yang akan terus kita kembangkan di Kabupaten Bengkalis, karena telah menjadi misi kami, melalui pengelolaan potensi sumber daya alam yang efektif dalam memajukan perekonomian," ujar Bagus.
Orang nomor dua di Kabupaten Bengkalis ini juga memberikan apresiasi kepada Yu Bibit, salah seorang petani padi yang telah menghibah lahan untuk pembangunan mushalla dan MCK, dan Alhamdulillah dengan adanya mushalla dan MCK akan memberikan semangat kepada pengunjung untuk datang ke agro wisata Desa Mentayan ini.

Kemudian Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia dalam sambutannya mengatakan program ketahanan pangan ini dilaksanakan dibeberapa desa yang tersebar di wilayah Kodim 0303/Bengkalis diantaranya Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis, Desa Sungai Linau dan Lubuk Gaung Kecamatan Siak Kecil, Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan dan Desa Mentayan Kecamatan Bantan.

"Di samping program tersebut Kodim 0303 Bengkalis berupaya untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai program lainnya baik itu program pemberdayaan UKM, Program Bapak asuh dan Bunda asuh anak stunting, program TMMD dan program Babinsa masuk dapur serta banyak program lainnya," ujar Endik.

Usai melaksanakan panen padi bersama Wabup Bengkalis bersama Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko dan Dandim 0303 Bengkalis Endik Yunia melanjutkan penyerahan Bantuan sosial kepada Nenek Sutinah di Desa Pangkalan Batang tepatnya di jalan Utama. Sinergitas dan kolaborasi antara Polri dan TNI insya Allah tempat tinggal nenek Sutinah akan di Bedah Rumah.

Sebelumnya dengan kondisi rumah yang tidak layak huni ini akan di rehab total menjadi tempat tinggal yang memadai, baik itu air bersihnya, bangunannya maupun MCK.** (Red/Brt)
Baca Juga