-->
Type Here to Get Search Results !

Program JKN KIS Jadi Sebuah Berkah untuk Masyarakat Indonesia

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah memberikan banyak manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia, salah satunya Siti Rohani (50). Ia merasakan bahwa Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan adalah berkah untuk masyarakat sepertinya.

Wanita paruh baya ini terdaftar sebagai peserta JKN dari segmen PBI-APBD yang mana iurannya dibayarkan oleh pemerintah daerah. Saat dijumpai pada Senin (22/08/22), Siti sedang berada di Puskesmas Bukit Timah untuk memeriksakan kesehatannya. Enam bulan yang lalu Siti didiagnosa mengalami gangguan pada jantungnya. Menurut pengakuan Siti, ia mengalami penyumbatan pada jantungnya yang diawali dengan demam tinggi selama tiga hari.

“Selama ini saya memang tidak pernah merasakan ada keluhan yang fatal hanya demam biasa saja atau batuk pilek. Biasanya saya bawa bekerja juga hilang sendiri, tetapi kemarin sudah tiga hari demamnya gak turun-turun. Akhirnya saya dibawa ke Puskesmas, lalu saya dirujuk ke RSUD Dumai,” kata Siti.

Selama menjalani perawatan baik di Puskesmas Bukit Timah maupun di RSUD Dumai, Siti mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari petugas medis. Menurut pengakuannya, dokter dan perawat yang memberikan pelayanan medis sangat ramah. Pelayanan administrasi juga tidak ada masalah. Menurutnya selama mengikuti sesuai prosedur, maka tidak akan ada kendala.

“Saya tidak mengira pelayanan yang saya terima sangat baik. Yang saya dengar dari tetangga-tentagga, pelayanan kesehatan menggunakan BPJS Kesehatan itu tidak mendapat pelayanan yang baik, tetapi saat mengalaminya secara langsung. Ternyata pelayanan kesehatan kepada peserta BPJS Kesehatan itu bagus lho, padahal saya tidak pernah membayar iuran (peserta PBI-APBD-red) tapi tidak ada perbedaan dalam hal pelayanan di rumah sakit,” kata Siti.

Siti tidak menyangka pelayanan dan manfaat yang ia terima sebagai peserta Program JKN sangat besar. Oleh karenanya, ia berharap Program JKN tetap dipertahankan karena sangat membantu masyarakat. Ia tidak menyangka Program JKN juga menjamin penderita penyakit jantung seperti dirinya.

"Saya kira hanya untuk penyakit-penyakit ringan saja yang ditanggung Program JKN ini. Syukurlah, mudah-mudahan program ini tetap dipertahankan dan makin bagus lagi pelayanannya,” kata Siti. ** (Red/Brt)
Baca Juga