-->
Type Here to Get Search Results !

Diawali Lantunan Al Qur'an, Wako Dumai Resmikan Masjid An Naba'

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Wali Kota Dumai, H. Paisal SKM MARS menghadiri penyerahan kepada masyarakat sekaligus peresmian Masjid An Naba' yang berlokasi di Jalan Dermaga, Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Jumat (04/03/2022).

Acara penyerahan dan peresmian masjid diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh H. M. Noor, Qori Kota Dumai dan do'a oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Dumai Barat, Muhammad Yunus.

Mhd Azza Fahroni sebagai perwakilan keluarga pendiri masjid dalam sambutannya mengatakan bahwasanya pembangunan Masjid An Naba' ini merupakan harapan besar dari keluarga besar Alm H Nawawi yang sudah lama diidam-idamkan dan baru terbangun saat ini.

"Pembangunan Masjid An Naba' di Kelurahan Purnama ini bisa dibilang semacam "Jodoh", dikarenakan harapan yang kuat untuk membangun dari pihak keluarga besar Alm. H. Nawawi, kemudian bertemu pula dengan Hj. Zahlia yang sudi mewakafkan tanah di Jl. Dermaga dengan luas 23m × 48m, serta masyarakat di RT. 05 dan RT. 09 menerima dan mendukung, alhamdulillah Masjid An Naba' ini dapat terbangun," ungkap Fahroni.

Usai sambutan perwakilan pendiri masjid dilanjutkan dengan penyerahan Masjid An Naba secara simbolis yang diserahkan oleh Hj. Badariah dan Dra. Hj. Zahlia, MPd sebagai perwakilan keluarga pendiri masjid dan pewakaf tanah kepada tokoh masyarakat di RT. 05 dan RT. 09.

Wali Kota Dumai, H. Paisal dalam sambutannya atas nama Pemerintah Kota Dumai mengapresiasi dan menyambut baik hadirnya Masjid An Naba' di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat ini.

Lanjutnya, pembangunan masjid bisa dikatakan sangat penting, karena fungsi peran masjid saat ini tidak hanya sebagai tempat ibadah saja, namun sudah berkembang menjadi tempat pendidikan agama bagi anak-anak, membangun jamaah, serta membina basis dakwah yang akan bermuara pada kualitas umat.

"Membangun infrastruktur itu mudah, namun memakmurkan masjid itu yang memang harus menjadi perhatian kita bersama. Sekarang Masjid An Naba ini telah menjadi milik kita bersama, maka dari itu, saya menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk dapat memakmurkan masjid An Naba'," tutur H. Paisal.

Tambahnya, ia juga mengajak kepada seluruh hadirin untuk memanfaatkan masjid yang sudah terbangun ini sebagai sarana mempersatukan umat di dalam wadah ikatan ukhuwah Islamiyah.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Dumai dan pemotongan pita oleh perwakilan keluarga pendiri masjid oleh Hj. Badariah.

Tak hanya itu, Wali Kota Dumai dan beberapa hadirin yang hadir dalam acara peresmian juga turut melaksanakan shalat sunnah 2 rakaat di Masjid An Naba'.

Acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai Drs. H. Zakaria, dan santap siang bersama.

Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Dumai Drs. H. Ade A. Yani, Kepala DKPP Kota Dumai, Nurzerwan, SE, M.Si, Camat Dumai Barat Al Khusairi, S.Sos, M.Si, Kapolsek Dumai Barat, Lurah Purnama Rusli, S.Sos, M.Si, Ketua MUI Kota Dumai Drs. H. Zakaria, Bagian Kesra Setdako Dumai, serta tokoh masyarakat. ** (Red/Brt)
Baca Juga