-->
Type Here to Get Search Results !

Penghijauan Serentak, Danrem 031 Wira Bima: Bersama Lestarikan Bumi Indonesia, Puli Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

MANDAU (AktualBersuara.Com) - Berlokasi di Kilometer 6 jalan Rangau, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis-Riau, Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima (WB) Brigadir Jenderal (Brigjend) TNI. Parlindungan Hutagalung, S.AP pimpin acara reboisasi atau penghijauan serentak, Kamis (01/12/2022).

Penghijauan serentak bertemakan "Bersama Lestarikan Bumi Indonesia, Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat" ini digelar langsung dari Duri dan dihadiri oleh Yurnalis Basri, staf ahli Gubernur Riau bidang Pemerintahan, Hukum dan SDM, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Kasiter 031 WB Kolonel. Inf. Hipni Maulana, Kajari Bengkalis diwakili Kasi Intelijen Isnan Ferdian, Dandim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto sebagai tuan rumah penyelenggara acara, Forkopimda Bengkalis, Kecamatan Mandau dan Kelurahan Pematang Pudu. Tak lupa, hadir seluruh Dandim jajaran berbasis video conference.

Dalam arahannya, Brigjen. TNI. Parlindungan Hutagalung mengatakan, penghijauan serentak dilakukan untuk memastikan Bumi Indonesia, terkhusus wilayah jajaran Korem 031 WB tetap asri, lestari dan ramah terhadap seluruh flora dan fauna bahkan masyarakat yang hidup di dalamnya.

Tak hanya masyarakat secara umum, pihaknya juga ajak generasi muda dari lingkungan Sekolah Dasar (SD), Menengah Pertama (SMP), Menengah Atas (SLTA/Sederajat) bahkan Perguruan Tinggi (PT/Mahasiswa) untuk ikut serta dan bersama-sama menanam bibit pohon atau tanaman pada setiap areal kosong atau gersang untuk menciptakan lingkungan yang hijau kembali.

“Sebagaimana kita tahu, suhu bumi semakin naik dan cuaca ekstrim berpotensi jadi gangguan. Semua itu terjadi akibat Global Warming atau pemanasan global. Akibatnya, lapisan es di Kutub-kutub Bumi mencair, perubahan iklim tak tentu arah dan banyak dampak buruk lainnya. Dampak panjangnya, permukaan laut meninggi dan berpotensi menenggelamkan pulau-pulau kecil. Bahkan sekarang ini ada isu Jakarta tenggelam. Oleh karena itu, kita taja penghijauan serentak ini agar lingkungan kembali asri. Kita ajak seluruh lapisan masyarakat ikut terlibat. Satu pohon, bisa bermanfaat untuk banyak jiwa,” kata Danrem 031 WB.
Melibatkan komunitas pencinta alam, tokoh masyarakat, Rimba Satwa Foundation (RSF), kaum pendidikan, PT PHR dan pihak lainnya, acara itu kemudian berlanjut pada sesi puncak berupa penanaman bibit pohon di media tanam yang telah dipersiapkan oleh prajurit Kodim 0303 Bengkalis sehari sebelumnya.

Danrem berharap, bibit pohon yang telah ditanam dapat tumbuh subur dan terawat dengan baik. “Mari kita lestarikan lingkungan. Bibit pohon yang telah ditanam hari ini, saya minta untuk dijaga dan dirawat. Bila ada bibit yang mati, bisa diganti bibit pohon baru. Sama-sama kita wujudkan Bumi Indonesia yang hijau dan asri. Seraya itu pula kita harapkan potensi bencana akibat naiknya suhu bumi bisa dihindarkan. Tua, muda, kini dan nanti, kita semua bertanggung jawab untuk tetap menjaga bumi,” ujarnya.

“Terkait program penghijauan serentak ini, ada cukup banyak areal tandus yang kita tanami bibit pohon dan tersebar di seluruh Kodim jajaran Korem 031 Wira Bima. Semoga manfaat baiknya dapat kita tuai di masa mendatang,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso mengaku bangga atas penyelenggaraan acara itu. Kebahagiaan memuncak mengingat Negeri Junjungan terus disambangi Jenderal-jenderal TNI Angkatan Darat (AD) dalam menebar kinerja baiknya. Dimulai dari kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI. Dr. Dudung Abduracman sempena program Ketahanan Pangan di Bathin Solapan, Kunjungan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen. TNI. Daniel Achmad Cardin di Pinggir sempena program TMMD ke-113 dan untuk kesekian kalinya turut dikunjungi Danrem 031 WB.

“Hormat Jenderal, terima kasih atas kunjungan untuk kesekian kalinya ke Negeri Junjungan. Setiap datang, Bapak Danrem selalu taja program kerja yang baik dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Saat ini, beliau hadir dalam program penghijauan serentaknya. Pemerintah Kabupaten Bengkalis beserta seluruh masyarakat sangat bangga, senang dan salut atas kinerja TNI AD di wilayah Korem 031 Wira Bima dan Kodim 0303 Bengkalis. Semoga apa yang telah kita lakukan hari ini menuai manfaat baik di masa mendatang,” hatur Bagus Santoso, mewakili Bupati Bengkalis, Kasmarni.
Selain penghijauan, kata Bagus, acara kali itu juga ditujukan untuk membantu pemerintah daerah dan komunitas pecinta alam dalam melestarikan populasi satwa langka, Gajah Sumatera. Sebagaimana diketahui, titik lokasi acara tersebut merupakan landscape atau areal jelajah satwa bernama latim Elephas Maximus Sumatrae pada kelompok gajah Seruni dan Codet.

“Selain alam yang hijau, program ini juga berdampak baik pada kelestarian populasi hajah di wilayah Duri yang hampir punah. Sama-sama kita pastikan alam dan manusia tetap rukun dan hidup berdampingan, serta menciptakan harmonisasi yang elok dan berkelanjutan,” ucap Wakil Bupati Bengkalis ini.

Pada kesempatan itu, Dandim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto tampak sumringah. Ia merasa lega acara itu berjalan lancar dan menggelegar. “Terima kasih atas kunjungan kerjanya di wilayah Duri Bapak Danrem. Semoga program penghijauan ini memberi manfaat baik baginkita di masa mendatang. Dengan ini, kita ajak seluruh masyarakat ikut serta menanam pohon di halaman rumah maupun di areal tandus untuk mewujudkan Bumi Indonesia yang lebih hijau, asri dan lestari,” tukas Dandim 0303 Bengkalis. ** (Red/Brt)
Baca Juga