-->
Type Here to Get Search Results !

Peduli, Kodim Bengkalis Berikan Kursi Roda Warga Duri Menderita Lumpuh

MANDAU (AktualBersuara.Com) - Sempena Hari Juang Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Ke-77 tahun 2022, Komando Distrik Militer (Kodim) 0303 Bengkalis laksanakan giat sosial untuk membantu masyarakat yang alami kesusahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, Senin (19/12/2022).

Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto melalui Danramil 03 Mandau Kapt. Arh. Jemirianto sebagaimana diwakilkan Danposramil Bathin Solapan, Letda. Arh. Rickman Sinaga bersama para Babinsa, Sertu Agung, Serma Yulihar dan Serma Agus tampak mendatangi kediaman Alizar (77), seorang warga jalan Jawa Gang Cempaka II, RT 04 RW 07, Kelurahan Gajah Sakti, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis-Riau guna memberikan bantuan.

Diketahui, pria kelahiran 1 Juli 1945 silam ini alami kelumpuhan sejak 3,5 tahun terakhir. Sejak itu pula, mobilitas atau pergetakannya terbatas dan hanya bergantung pada pertolongan sang isteri, Rasimis (62). Sejak alami kelumpuhan, sang kepala keluarga ini nyaris tak pernah keluar rumah untuk melihat pemandangan sekitar.

Hanya terduduk diam di rumah dan sesekali berbaring tersebab lelah, Alizar tampak merenungi nasibnya. Keadaan itu menyentak dan merongrong hati Dandim 0303 Bengkalis setelah mendapat informasi atau laporan dari prajuritnya di Kecamatan Mandau.

Lantas, ia mengerahkan Letda. Arh. Rickman Sinaga mewakili Danramil 03 Mandau guna menyalurkan bantuan berupa satu unit kursi roda guna membantu pergerakan atau mobilitas Alizar. Penyerahan bantuan ini terselenggara berkat kerjasama Kodim 0303 dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bengkalis.

“Komandan Kodim instruksikan kepada kita untuk segera membantu Bapak Alizar dengan segala keterbatasannya. Satu unit kursi roda kita bawa ke kediaman beliau untuk kemudian diserahkan dan dapat dipergunakan untuk mendukung mobilitas beliau sehari-hari,” kata Letda Rickman kepada awak media.

Bantuan tersebut segera dibuka dari kotak kemasan dan dirakit. Penuh dedikasi dan kasih sayang, para prajurit berbadan tegap itu dengan santun menggendong Alizar untuk dapat menduduki kursi roda barunya. “Pak Alizar, semoga berkenan menerima bantuan ini. Semoga dapat membantu pergerakan bapak sehari-hari, jadi bapak bisa jalan-jalan ke luar rumah bersama dengan isteri. Supaya bapak bisa menikmati udara segar dan pemandangan di luar rumah. Sebab kami juga mengerti, bapak pasti bosan hanya duduk dan berbaring di rumah. Oleh karena itu, atas instruksi Komandan, bantuan ini kami serahkan kepada bapak. Semoga bermanfaat ya pak,” hatur Rickman lagi.
Melihat kedatangan prajurit Kodim 0303 membawa bantuan itu, Alizar terharu. Ia tak mampu membendung air mata saat para Babinsa menggendongnya menuju kursi roda. Bak kasih sayang anak kepada ayah, para prajurit menggendong Alizar, merapihkan baju dan mengenakan sarung kepadanya.

“Terima kasih ya nak. Kalian paham sekali harapan bapak. Sejujurnya, selama 3,5 tahun lumpuh, bapak bosan hanya duduk di dalam rumah. Sekarang, dengan bantuan ini, bapak bisa jalan-jalan bersama ibu (isteri, red) ke halaman untuk hirup udara segar dan berjemur menikmati hangatnya sinar matahari. Terima kasih bapak ucapkan untuk anak-anak bapak prajurti TNI Angkatan Darat Kodim 0303 Bengkalis. Semoga kalian semua sehat selalu, dan titip salam untuk Komandannya ya,” ucap Alizar sesegukan.

Senada, Rasimis (62) isteri Alizar juga haturkan terima kasih. Ia membenarkan ungkapan Alizar. Telah cukup lama suaminya hanya terpaku duduk dan berbaring di rumah, sebab ianya tak punya tenaga yang cukup untuk memapah, apalagi menggendong suaminya untuk sesekali menikmati udara segar di halaman rumahnya.

Sempena pemberian bantuan di momen sakral Hari Juang TNI AD ke-77 tahun itulah Rasimis ungkapkan rasa haru dan berterima kasih kepada jajaran Kodim 0303 Bengkalis. “Terima kasih adik-adik ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau dimaksud TNI AD, Red) atas kebaikan dan bantuannya. Selama 3,5 tahun bapak lumpuh, ibu nggak kuat angkat bapak untuk jalan-jalan ke halaman depan rumah. Jadi ya selama 3,5 tahun ini, bapak nggak pernah keluar rumah. Hanya duduk dan berbaring saja, ibu juga kasihan. Tapi Alhamdulillah, berkat bantuan adik-adik sekalian, bapak bisa jalan-jalan lagi ke luar rumah dengan menggunakan kursi roda ini. Kami ucapkan terima kasih yang sangat mendalam, semoga TNI Angkatan Darat selalu jaya,” ungkap haru Rasimis.

Wakili Lurah Gajah Sakti, Yana Melia, SH selaku Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial, Budaya dan Masyarakat turut hadir dan menyaksikan penyerahan bantuan tersebut. Ia mengaku bangga prajurit TNI AD di jajaran Kodim 0303 Bengkalis sangat peduli dengan masyarakat, terlebih warga yang sangat membutuhkan uluran tangan.

“Sangat peka dengan kebutuhan masyarakat, tak salah kalau disebut TNI AD di Hati Rakyat. Mewakili Ibu Lurah, saya haturkan terima kasih kepada Bapak Dandim dan jajaran atas kepeduliannya terhadap warga kami. Bantuannya sangat bermanfaat sekali, karena keluarga pak Alizar rergolong keluarga miskin atau tidak mampu, jelas sangat mulia sekali bantuan ini. Kursi rodanya sangat membantu pergerakan harian bapak Alizar, jadi ibu Rasimis bisa bawa suaminya jalan-jalan ke luar setelah 3,5 tahun hanya berdiam di dalam rumah. Sekali lagi, terima kasih,” ungkap Yana Melia.

Usai pemberian bantuan tersebut, Letda Rickman dan para Babinsa bertolak guna laksanakan tugas lainnya. Tak lupa ia dan jajaran berpamitan dan mendoakan agar Alizar dan Rasimis selalu sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. “Kami pamit ya Pak, Ibu. Semoga sehat selalu, semoga bantuannya bermanfaat dan bisa dimanfaatkan dengan baik,” tukas Rickman sembari berjabat tangan diselingi sesi foto bersama. ** (Rls/Brt)
Baca Juga