-->
Type Here to Get Search Results !

DPD AGPAII Kampar Adakan Event Akbar, Hendra Yunal: Wadah Kumpulan Pemikiran dan Pengalam Guru PAI

KAMPAR (AktualBersuara.Com) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Kampar menggadakan Event Akbar di Gedung Mahligai Bungsu Bangkinang Kota, Rabu (30/11/2022).

Pantauan awak media, Event Akbar ini tampak dihadiri ribuan guru PAI dari tingkat SD,SMP/MTS,SMA/MA/SMK, dan SLB se-Kabupaten Kampar.

Dalam event ini juga diadakannya Deklarasi Guru Pendidikan agama islam (GPAI) Kampar yang Moderat,Inovatif, dan Santun (MODIS), Pelantikan 21 Dewan Pengurus Cabang (DPC) AGPAII se-Kabupaten Kampar, serta Seminar Nasional AGPAII.

Dalam sambutannya, Ketua DPD AGPAII Kampar, M. Hendra Yunal, S.Pd, M.Si mengatakan bahwa event ini merupakan pertemuan yang dinantikan Guru Agama Islam se-Kabupaten Kampar sejak 2020 saat mulainya Covid-19.

"Hari ini luar biasa, hari yang bahagia, hari yang indah bagi kita semua guru PAI disemua jenjang se-Kabupaten Kampar. Pertemuan yang kita tunggu-tunggu setelah hampir 3 tahun yang lalu. Ditahun 2020 Kita hadir seperti ini juga, dengan semangat bapak ibu akhirnya kita kembali mengadakan event akbar ini. Terimakasih kepada Guru PAI yang telah hadir pada kesempatan ini," pungkas Hendra Yunal yang juga Kepala Sekolah SMAN 1 Bangkinang Kota.

Kemudian, Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada ribuan guru PAI yang tergabung dalam AGPAII Kampar, sehingga event akbar ini berhasil terselenggara kembali.

Dikatakan Hendra Yunal, AGPAII Kampar adalah wadah berkumpulnya pemikiran dan pengalaman guru PAI. 

AGPAII juga akan mengakomodir seluruh guru PAI mulai dari tingkat SD,SMP/MTS,SMA/MA/SMK, dan SLB se Kabupaten Kampar.

"Disini kita akan memperjuangkan Guru PAI mulai dari sertifikasi hingga P3K," katanya.

Dikatakannya AGPAII merupakan Organisasi mata pelajaran yang terstruktur dari Pusat, Provinsi, Kabupaten, hingga Kecamatan. AGPAII adalah organisasi keguruan yang tercatat di Kemenkumham," tegasnya.

Kemudian, Hendra Yunal menyebut, AGPAII senantiasa menjadi garda terdepan dalam merawat kebhinekaan di lingkungan sekolah dan NKRI di era revolusi industri.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Event Akbar DPD AGPAII Kabupaten Kampar, H. Afrizal Kholis, S.Ag.M.Ed dalam laporan kegiatannya menyampaikan permohonan maaf nya atas kekurangan dalam Event Akbar ini.

“Mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila ada kekurangan-kekurangan dalam kegiatan kita ini," ucap Waka Kesiswaan SMAN 1 Kampar ini.

Kemudian Afrizal memaparkan, Guru PAI yang tergabung dalam AGPAII Kampar ini, berjumlah 1323 orang yang terdiri dari 859 orang guru SD (PNS 489 dan non PNS 370), kemudian SMP berjumlah 311 orang, dan SMA 182 orang (82 orang PNS dan non PNS 100 orang).

“Semuanya kita berkolaborasi. Alhamdulillah, saya sedikit terharu dengan dibuktikannya pada hari ini, semoga ini menjadi pertanda baik bagi kita semua untuk kedepannya,” sebutnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Kampar, H. Kamsol, MM yang diwakili Sekda Kampar, Drs. Yusri M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan Kabupaten Kampar sebagai Serambi Mekkah Provinsi Riau, AGPAII Kampar merupakan tonggaknya.

"Kita adalah tonggak dari Serambi Mekkah Provinsi Riau. Jadi, Ibu Bapak yang hadir dalam AGPAII akan menjadikan Kampar Serambi Mekah semakin kuat dan kokoh," katanya.

Kemudian Yusri menyebut, saat ini Kampar penduduknya sudah 1 juta, dengan menyambut perkembangan secepat ini. Maka pondasi agama seluruh anak-anak didik yang ada di Kampar harus kokoh.

"Dimasa yang akan datang, dengan ini semua kita mesti berkoordinasi satu sama lain, jangan sampai kita tercerai berai," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum AGPAII Pusat, Drs. Endang Zaenal, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa AGPAII telah mendeklarasikan diri.

"AGPAII akan menjaga modernsasi Pancasila, dalam kurikulum merdeka guna penguatan nasionalisme, wawasan kebangsaan, pancasila dan NKRI," pungkas ketum.

Kemudian, Endang Zainal menyebut AGPAII menjadi Wadah koordinasi dan konsolidasi untuk penguatan identitas dan jati diri organisasi, mulai dari pengurus tingkat pusat, wilayah, daerah, cabang dan anggota AGPAII di seluruh Indonesia.

"Program unggulan kita terutama menghadapi 2024, AGPAII tetap menjaga polarisasi guna menghindaru pemecahan umat akibat politik identitas." Tegasnya.

Kemudian, Ia menyebut Formasi P3K guru agama di tahun 2023 dipastikan signifikan.

Pada Event Akbar ini, Tampak dihadiri Ketua AGPAII Provinsi Riau, Mhd Hudawi, S.Ag, Kakan Kemenag Kampar, H. Fuadi Ahmad SH, M.AB, Ketua MUI Kampar, Mawardi Saleh, Ketua DDI Kampar, Samsul Bahri, Ketua PDD Kampar, Gustika Rahman, Ketua AGPAII Kuansing, Mardawin, S.Pd.I, Ketua AGPAII Pekanbaru, pengurus DPC AGPAII se-Kabupaten Kampar, ribuan guru PAI yang tergabung dalam AGPAII Kabupaten Kampar, serta para tamu undangan lainnya. (Red/Rio)
Baca Juga