Type Here to Get Search Results !

Dandim Bengkalis Hadiri Rapat Malam akrab Forkopimda Bengkalis bahas Tentang Negeri Junjungan

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Bertempat di Corner Bengkalis, jalan Antara, Kelurahan Rimba Sekampung Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis-Riau, Senin malam (25/12/2022). Kodim 0303/Bengkalis hadiri rapat khusus guna membahas kemajuan serta kondusifitas Daerah Kabupaten Bengkalis.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos, MMP, Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto, Kapolres AKBP Indra Wijatmiko, Kajari Bengkalis Zainur Arifinsyah, Ketua PN Bayu Soho Rahardjo, Ketua PA Rahmatullah Ramadhan, Kasdim 0303 Mayor. Arh. Sudiyono, Kepala BPKAD dr. Aready, Kepala Kesbangpol Hermanto, Kepala Bapenda Rinto, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ersan, Kepala Dinas Perkimtan Supardi, Danpos Angkatan Laut diwakili Serda Edi dan pihak terkait lainnya.

Sambil menikmati kopi, para Pimpinan Daerah Kabupaten Bengkalis yang berjuluk Negeri Junjungan ini terlarut membahas kemajuan Bengkalis dari berbagai sektor. Mulai dari sektor keamanan dan ketahanan, perekonomian, infrastruktur dan pembangunan, kesehatan bahkan sikap toleransi antar budaya dan umat beragama dilebur dalam pertemuan santai malam itu.

Berhubung nuansanya tepat, kebetulan pula disuguhi secangkir kopi maupun teh hangat, seketika ide-ide cemerlang menggelora. Ragam kesepahaman ditorehkan malam itu demi kemajuan Bengkalis di tingkat Daerah, nasional maupun Dunia.

"Sesuai dengan fundamental program kerja kita, mewujudkan Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera (BERMASA, Red). Jadi setiap aspek kemajuan yang kita bahas harus sepenuhnya mengedepankan manfaat baik untuk masyarakat, bukan untuk kepentingan sepihak saja," kata Bupati Bengkalis, Kasmarni.

Terbaru, masyarakat pemeluk ajaran atau agama Kristen sedang larut dalam suasana hari besar keagamaan nasional (HBKN) Natal 2022. Ragam ibadah atau misa natal di berbagai gereja bergelora hingga memasuki ibadah pergantian tahun 31 Desember 2022 serta ibadah Tahun Baru 1 Januari 2023 mendatang.
Terkait hal itu, Kasmarni ajak seluruh elemen Pemerintah, terkhusus TNI/Polri di wilayahnya untuk ikut serta, bahkan bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta keselamatan umat Nasrani dalam menjalankan proses peribadatan. “Karena Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 menganulir kepada setiap orang atau warga negara bebas memeluk agama atau kepercayaan, maka kita sebagai perangkat daerah harus memastikan prosesi ibadahnya lancar dan aman. Dalam hal ini, sikap toleransi dan saling menjaga harus kita kedepankan untuk menjadi contoh baik dan sejuk di tengah keheterogenan masyarakat," pesannya.

Terkait hal itu, Letkol Endik mengaku siap laksanakan tugas yang berkaitan dengan pertahanan wilayah melalui berbagai sinergitas yang dijalin dengan Institusi Polri, maupun Pemerintah Daerah.

"Kodim 0303 Bengkalis beserta seluruh Prajurit di dalamnya, termasuk saya akan selalu siap di garis terdepan dalam menjaga keamanan, bahkan keutuhan Daerah dalam bingkai kesatuan dan persatuan. Segala macam tantangan dan potensi perpecahan kita atasi dengan baik mengedepankan musyawarah mufakat demi tercapainya Bengkalis yang kondusif," kata Letkol Endik, Dandim 0303 Bengkalis.

Pihaknya, kata dia, selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan Polri dan Pemda Bengkalis dalam menjaga keamanan dan meredam konflik sosial seperti yang baru-baru ini dientaskan terkait polemik infrastruktur jalan rusak, kebencanaan banjir dan abrasi serta berbagai potensi konflik sosial lainnya yang diselesaikan lewat pendekatan nan humanis.

"TNI-Polri akan selalu setia mengawal kemajuan Negeri Junjungan, sinergitas yang kompak jadi gambaran kemajuan kita kedepannya. Bukan begitu Bapak Kapolres?," tegas Endik diikuti acungan jempol AKBP Indra Wijatmiko, Kapolres Bengkalis.

Pun saat ini, tim gabungan TNI-Polri masih intens lakukan patroli dan pengamanan ibadah-ibadah natal hingga tahun baru 2023 mendatang. “Kita selalu kompak jaga Bengkalis. Kita majukan Negeri Junjungan dari berbagai sektor, termasuk kedewasaan memaknai keberagaman, toleransi dan cinta damai lewat terpeliharanya keamanan penduduk di dalamnya, serta minim tindak kriminalitas. Bersama kita pasti bisa wujudkan Bengkalis yang indah di tingkat Daerah, Nasional bahkan Dunia," tukas Endik. ** (Rls/Brt)
Baca Juga

Below Post Ad