-->
Type Here to Get Search Results !

Sejak Terdaftar Program JKN, Hidup Jadi Lebih Nyaman

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Utari Prima Saputri (24) mendapatkan kartu JKN dari suaminya yang bekerja di salah satu perusahaan swasta yang ada di Kota Dumai. Sebagai peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), Tari dan keluarganya mengaku lebih nyaman dalam beraktivitas karena sudah terlindungi jaminan kesehatan. Kini tidak ada kekhawatiran lagi di hati Tari jika sewaktu-waktu ia atau suaminya jatuh sakit.

"Sebelum terdaftar menjadi peserta JKN, saya selalu membayar pengobatan sendiri dan itu sangat memberatkan. Kalau saya berobatnya ke klinik atau dokter praktik dan itu biayanya lumayan lho. Belum lagi harus menebus obat di apotek,” ujar Tari, Rabu (23/11/2022) Minggu lalu.

Tari sangat bersyukur bisa terdaftar sebagai peserta Program JKN melalui suaminya. Apalagi, kepesertaan JKN segmen PPU dapat menjamin lima orang yang terdiri atas peserta yaitu pekerja, suami/istri dan tiga orang anak sebagai tanggungannya. Besaran iuran yang ditanggung oleh pekerja hanya 1% dari gaji pokok dan tunjungan pekerja sementara 4% lainnya ditanggung pemberi kerja.

“Sudah tiga hari saya batuk, tenggorokan saya rasanya gatal dan kering. Tadi saya sudah periksa ke dokter, sudah diberi obat. Mudah-mudahan nanti setelah minum obat, batuk saya bisa berkurang karena kondisi ini sudah menggangu aktivitas saya. Pelayanannya bagus, cepat, dan memuaskan,” tutur Tari.

Sebagai pasangan muda, Tari dan suaminya juga pernah memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN. Ia mengatakan bahwa Aplikasi Mobile JKN sangat bermanfaat dan membantu mereka dalam mengakses pelayanan kesehatan.

“Banyak kemudahan yang kami dapatkan dari Aplikasi Mobile JKN ini, di antaranya bisa mengecek data sendiri dan mengubah lokasi fasilitas kesehatan. Selain itu, kami juga bisa mendaftar antrean di fasilitas kesehatan secara online, jadi kalau berobat lebih mudah. Tidak perlu antre lama-lama lagi di fasilitas kesehatan sehingga lebih efisien waktu. Yang paling kami suka adalah ada kartu digital di Aplikasi Mobile JKN tersebut, jadi kalau mau berobat ke fasilitas kesehatan tidak perlu lagi bawa-bawa kartu JKN fisik,” kata Tari.** (Red/Brt)
Baca Juga