-->
Type Here to Get Search Results !

Memasuki Musim Hujan, BPBD Belum Akhiri Siaga Darurat Karhutla di Riau

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Curah hujan di provinsi Riau dalam beberapa waktu belakangan ini terus meningkat. Namun, beberapa wilayah di Riau ternyata masih ada yang minim curah hujannya sehingga potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) masih terjadi di sebagai wilayah yang minim curah hujannya. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edy Afrizal mengatakan, dengan masih adanya potensi Karhutla tersebut, pihaknya hingga saat ini belum akan mengakhiri status siaga darurat Karhutla di Riau.

"Memang saat ini curah hujan di Riau sudah meningkat, tapi hujannya belum merata sehingga masih ada potensi Karhutla," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, status siaga darurat Karhutla di Riau akan berakhir pada akhir November nanti. Namun, jika situasi sudah dirasa aman, dengan tingginya curah hujan, status siaga darurat Karhutla di Riau dapat diakhiri lebih awal.

"Tapi jika kondisinya masih seperti sekarang, status siaga darurat Karhutla di Riau akan dilihat lagi. Nantinya jika diakhiri lebih awal, ternyata terjadi Karhutla kita akan kesulitan baik dalam peralatan dan pengangaran," ujarnya.

Karena itu, saat ini pihaknya terus melakukan patroli udara di daerah - daerah yang tidak terkena hujan dan berpotensi terjadi kebakaran.

"Karena hujannya tak merata, jadi kita tetap lakukan patroli udara. Seperti terakhir terjadi kebakaran di Bengkalis tepatnya di Duri dan Pinggir. Kemudian ada di Rohul ada kebakaran juga, saat itu tak hujan di daerah tersebut dan tim patroli yang memadamkannya," ujarnya. (Red/Pas)
Baca Juga