-->
Type Here to Get Search Results !

Fitur Aplikasi Mobile JKN Permudah Urusan Peserta

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Sebagai penyelenggara Program JKN, BPJS Kesehatan telah beragam menyediakan aplikasi untuk mempermudah peserta JKN dalam mengakses informasi. Salah satunya adalah Mobile JKN, aplikasi yang dapat diunduh gratis di Playstore dan Appstore, serta bisa diakses melalui smartphone.

Melalui aplikasi ini, hampir semua layanan dan informasi penting peserta JKN dapat diakses dalam satu genggaman. Pada Aplikasi Mobile JKN, terdapat menu info peserta, ubah data peserta, ketersediaan tempat tidur, pendaftaran pelayanan, iuran, konsultasi dokter, jadwal tindakan operasi, skrining kesehatan, pendaftaran peserta, pembayaran, riwayat pelayanan, hingga informasi dan pengaduan terkait JKN.

M. Marbun (30) merupakan seorang warga Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Riau yang terdaftar sebagai peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Ia adalah salah satu dari sekian banyak orang yang telah mengakui banyak kemudahan dari Aplikasi Mobile JKN.

“Saya sudah lama terdaftar dalam Program JKN. Dulunya saya sering ke Kantor BPJS Kesehatan sekedar untuk mengurus administrasi kepesertaan saya dan keluarga. Namun setelah mengunduh Aplikasi Mobile JKN pada smartphone saya, mengurus berbagai administrasi JKN kini menjadi sangat mudah. Selain dapat melihat status kepesertaan, saya juga dapat langsung mengunduh kartu JKN digital saya dan keluarga,” ujar Marbun saat ditemui tim publikasi, Kamis (24/11/2022).

Marbun merasa sangat senang dengan hadirnya Aplikasi Mobile JKN karena dirinya tidak perlu lagi mengantre ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk sekedar mengecek tagihan atau pindah fasilitas kesehatan. Bahkan pendaftaran pun cukup dilakukan melalui genggaman. Selain itu terdapat pula fitur pengaduan bagi peserta jika mengalami kendala dalam mengakses pelayanan JKN.

“Dulu, saya pindah domisili atau ingin mengubah lokasi fasilitas kesehatan. Saya harus mendatangi Kantor BPJS Kesehatan. Namun setelah saya menggunakan Aplikasi Mobile JKN ini, saya tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah, karena data dan fasilitas kesehatan saya dapat diubah melalui smartphone saya. Semoga Aplikasi Mobile JKN ini terus berkembang sehingga bisa memberikan lebih banyak lagi kemudahan dalam memperoleh pelayanan dan informasi terkait Program JKN,” jelas Marbun.** (Red/Brt)
Baca Juga