-->
Type Here to Get Search Results !

Covid-19 di Riau Mulai Melonjak Lagi, Ahli Epidemiologi Ingatkan Pentingnya Vaksinasi

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan mengungkapkan, sejak beberapa hari belakangan ini kasus Covid-19 di Riau terus mengalami peningkatan. Jika hari-hari sebelumnya penambahan kasus baru hanya berkisar 20 hingga 30an kasus. 

Sejak dua hari terakhir ini penambahan kasus baru pasien terkonfirmasi Covid-19 di Riau diatas 40an kasus.

"Tren nya naik terus, diprediksi ini akan terjadi sampai Desember, nanti Desember itu lah puncaknya," ujarnya, Minggu (13/11/2022). 

Untuk mengantisipasi itu, kata Wildan, tidak ada cara lain, selain dengan memperketat kembali penerapan protokol kesehatan. Khususnya menggunakan mas ker dan menjauhi kerumunan. 

"Kemudian yang tidak kalah pentingnya lagi adalah vaksinasi harus dilengkapi sampai dosis ketiga (booster). Kalau sudah dibooster kena pun nanti virus ini tidak akan berat gejalanya," kata Wildan.

Hal yang sama sebelumnya juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau agar kembali memperketat protokol kesehatan dan melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga.

Imbauan ini disampaikan Zainal menyusul ditemukannya kasus Covid-19 varian baru XBB di Batam. Bahkan pada Kamis (10/11/2022) kemarin, Kementerian Kesehatan RI melaporkan Indonesia sudah mencatat total 48 pasien COVID-19 dengan subvarian Omicron XBB. Hampir separuh kasus XBB di RI berasal dari Batam.

"Tidak ada cara lain untuk menangkal penyebaran nya selain dengan memperketat protokol kesehatan dan melengkapi vaksinasi," kata Zainal. (Red/Pas)
Baca Juga