-->
Type Here to Get Search Results !

Antrean Online Mudahkan Pasien Cuci Darah untuk Akses Layanan Kesehatan

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Sebagai upaya meningkatkan pelayanan terhadap peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Dumai dan RSUD Dumai menggelar sosialisasi kepada pasien cuci darah atau hemodialisis terkait pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN, Kamis (10/11/2022).

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Dumai, Hafidz Permana menjelaskan, diberlakukannya pendaftaran pelayanan secara online tepatnya di bulan Maret 2022 lalu, sangat berpengaruh pada pelayanan di RSUD Dumai. 

Hal ini sangat menguntungkan baik dari sisi manajemen apalagi bagi masyarakat, khususnya pasien hemodialisis yang akan mendapatkan layanan rutin di rumah sakit.

“Jelas ini suatu terobosan yang luar biasa dari BPJS Kesehatan. Kami juga paham bahwa memang belum semua masyarakat memanfaatkan teknologi informasi ini, untuk itu kita harus sabar dan terus menyosialisasikannya. Saya yakin harapan kita ini bisa terwujud asal kita saling bersinergi sama-sama mengedukasi masyarakat terkait hal ini,” ucap Hafidz optimis.

Salah seorang peserta JKN yang menghadiri sosialisasi tersebut, Syafrudin, mengungkapkan bahwa sebelum diberlakukannya pendaftaran online di RSUD Dumai, banyak masyarakat yang mengeluhkan pelayanan pendaftaran karena untuk berobat ke rumah sakit harus datang pagi-pagi sekali sekitar pukul enam karena kalau tidak pasien akan mendapat nomor antrean yang tinggi dan itu cukup lama menunggu giliran dipanggil.

“Dulu itu saya mau berobat harus datang pagi-pagi sekali. Itu pun masih mengantre. Dengan antrean online ini sekarang saya bisa memperkirakan jam berapa harus datang ke RS untuk mendapatkan layanan, jadi waktu tidak terbuang untuk menunggu. 

Antrean online ini sangat bermanfaat untuk peserta JKN yang dirujuk ke rumah sakit karena akan menghemat waktu. Apalagi, pasien yang dirujuk ke rumah sakit jumlahnya cukup banyak, satu hari bisa mencapai ratusan orang. Jika semua masyarakat sudah memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN, saya yakin pelayanan di rumah sakit bisa makin baik dan cepat,” ungkap Syafrudin. ** (Red/Brt)
Baca Juga