-->
Type Here to Get Search Results !

Rencanakan Pembangunan 2023, Pemdes Balai Makam Gelar Musrenbangdes

BATHIN SOLAPAN (AktualBersuara.Com) - Pemerintah Desa (Pemdes) Balai Makam  Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis-Riau, menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). 

Kegiatan ini di adakan setiap tahunnya untuk perencanaan pembangunan Desa tahun anggaran 2022-2023 di kegiatan tersebut dilakukan di gedung serbaguna Desa Balai Makam, Rabu (19/10/2022) sekira pukul 09.00.Wib.

Turut hadir dalam kegiatan Musrenbangdes Camat Bathin Solapan M. Rusydy, MR S.STP, M.Si, Kasi PMD, Tasarjon, Bhabinkamtibmas, Korcam PDE dan PDP, Pendamping Ekonomi dan Pembangunan,Kadus, Perangkat Desa, RW, LPMD, PKK, Posyandu dan tamu undangan lainnya.

Kemudian ada 14 Usulan Prioritas yang masuk di DU RKP untuk tahun 2023 mendatang, dalam kegiatan ini juga sempat dibahas mengenai banjir yang terjadi di masyarakat Desa Balai Makam dan mengenai isu tapal batas yang sampai saat ini belum terselesaikan.

Kades Balai Makam Agushar menyampaikan bahwa Musrenbangdes ini hasil dari Musdus yang sudah di laksanakan.

Sehingga terdapat banyak permasalahan setiap tahunnya yang ada di Desa Balai Makam kedepan Musrenbangdes ini kita ajukan sebanyak-banyak usulan melalui Dinas terkait dan juga bisa melalui CSR Perusahaan yang ada di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis.

"Kemudian Musrenbangdes ini kita usulkan yang mana yang masuk skala prioritas pada tahun 2022 dan 2023 ini, semoga dapat terealisasi pada skala prioritas permasalahan yang ada di Desa Balai Makam,” ungkap Agushar.

Penyampaian Kades Balai Makam Agushar, Musrenbangdes ini dijelaskan hasil dari Musdus (Musyawarah Dusun) yang beberapa hari belakang sudah di laksanakan, penyelenggaraan Musrenbangdes merupakan salah satu tugas Pemerintahan untuk menyelenggarakan urusan Pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan.

Musrenbangdes ini di laksanakan secara berjenjang, mulai dari Desa, tingkat Kecamatan, sampai di usulkan sampai ketingkat Kabupaten. 

"Terima kasih yang sudah hadir memenuhi undangan Musrenbangdes Balai Makam kepada seluruh rekan-rekan yang bisa menyempatkan waktu untuk bisa mensukseskan Musrenbangdes Balai Makam tahun anggaran 2022 dan 2023,” kata Kepala Desa Agushar.

Kasi PMD Tasarjon juga menyampaikan bahwa Musrenbangdes ini kegiatan yang wajib di laksanakan oleh BPD dan bersinergi Pemerintah Desa dan hasilnya akan didiskusikan ke Tingkat Kecamatan, dalam Musrenbangdes ini Masyarakat wajib aktif untuk menyumbangkan usulan sebanyak-banyaknya, di acara Musrenbangdes Anggaran Tahun 2022 dan 2023.

"Usulan ini kita ajukan ke Tingkat Kabupaten sesuai dengan dinas terkait, maka dari itu perlu banyak bantuan dari dinas terkait dan juga Pemerintah Desa untuk bisa mengcover kebutuhan masyarakat yang mana yang akan kita dahulukan dan masuk kedalam skala prioritas untuk Desa Balai Makam ini, supaya pembangunan ini merata di tingkat Desa dan khususnya di Kecamatan Bathin Solapan,” tegas Kasi PMD Tasarjon.

Dalam Musrenbangdes ada banyak daftar permasalahan/usulan yang di sampaikan oleh BPD dan Pemdes Penanggiran yang merupakan hasil Musdus kemarin.

"Selanjutnya mulai pembahasan rencana pembangunan Desa di bahas satu persatu,  terdapat beberapa bidang dalam pembahasan Musrenbangdes tersebut," tutupnya. ** (Red/Brt)
Baca Juga