Type Here to Get Search Results !

Pemdes Pancur Jaya Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Rumah Tangga

RUPAT (AktualBersuara.Com) - Dalam meningkatkan perekonomian dan kemampuan masyarakat. Pemerintah Desa (Pemdes) Pancur Jaya bekerjasama dengan TP PKK telah menggelar pelatihan meningkatkan Kemampuan Administasi serta pengelolaan pupuk. Pelatihan ini berlangsung, Senin (24/10/2022) di aula Kantor Desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, Riau. 

Adapun peserta pelatihan tersebut terdiri dari 24 Kempok Dasawisma Pancur Jaya. Dalam pelatihan ini, peserta diberi pemahaman bagaimana cara membuat pupuk kompos rumah tangga dengan baik. Dengan bahan yang sudah ada, pemateri pun menunjukkan satu persatu tata cara memperaktekan.  

Ketua TP PKK Desa Pancur Jaya, Kecamatan Rupat, dr Nelya Sasmita mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena telah memberikan kesempatan bagi para ibu-ibu, khususnya kepada Kelompok Dasa Wisma. Tentunya ini merupakan suatu hal yang sangat baik dan menghasilkan sesuatu yang berguna dalam rumah tangga.

"Sampah-sampah yang selama ini dibuang begitu saja, namun dengan adanya pelatihan pemanfatan pupuk kompos rumah tangga. Sampah-sampah tadi bisa dimanfaatkan untuk tanamana," terang Nelya. 

Dengan menggunakan media sampah rumah tangga seperti kulit pisang, cangkang telur, sisa potongan sayuran, kulit bawang,sisa nasi, daun-daun kering, daun-daun hijau, yang dicampur didalam wadah dengan disiram menggunakan EM4 kita sudah bisa membuat pupuk organic yang bagus untuk tanaman.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Desa Pancur Jaya, Hasan Basri yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa, Fery Permana. Dalam sambutanya, Sekdes menjelaskan bahwa pelatihan ini dilaksanakan melalui program BERMASA Bupati Bengkalis, Kasmarni Tahun 2022. Mudah-mudahan apa yang sudah dipelajari tadi bisa dimanfaatkan dalam kehidupan berumah tangga. ** (Red/Brt)
Baca Juga

Below Post Ad