-->
Type Here to Get Search Results !

Pemdes Buluh Manis Gelar Musrenbangdes untuk Kegiatan Pembangunan Tahun 2023

BATHIN SOLAPAN (AktualBersuara.Com) - Pemerintah Desa (Pemdes) Buluh Manis, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis pada Rabu (26/10/2022) kemarin melaksanakan musyawarah rencana pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Kegiatan rutin setiap tahun tersebut dibuka resmi Camat Bathin Solapan Muhammad Rusydy, MR, S.STP, M.Si didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tasarjon di Gedung Pertemuan Kantor Desa Buluh Manis.

Selain Kepala Desa Legimun juga hadir Perangkat Desa, Ketua BPD Masrianto serta Anggota, PKK Desa Buluh Manis, BPBD Kecamatan, UPT Puskesmas Balai Makam, LAMR Desa, Kepala Sekolah, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Korcam Pendamping Ekonomi dan Pembangunan. 

Camat Bathin Solapan menyampaikan Musrenbang Desa Regulasi atau Proses yang harus kita lewati sesuai dengan mandat Undang-undang.

"Untuk itu kami harapkan agar jangan pernah bosan untuk memberikan usulan-usulan ini berdasarkan kebutuhan masyarakat untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi kreatif masyarakat yang langsung dari bawah," kata Camat Bathin Solapan mengawali sambutannya.

Camat juga menambahkan terkait dana Desa bermasa 1 Desa 1 Miliyar berharap pendamping Desa yang ada memberikan informasi kepada kepala Desa sesuai juknis. Dana Bermasa merupakan program unggulan Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos, MMP guna mewujudkan masyarakat Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera. 

Camat juga berharap Kepada Pemerintah Desa dapat bersinergi dan Sinkron dalam program Pemberdayaan dengan ibu PKK Kecamatan dengan salah satu contohnya Program Motor Pustaka Keliling dengan adanya Program unggulan Kecamatan ini dapat di ikuti oleh Ibu PKK Desa.

"Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Pelosok Desa." Harap Camat Bathin Solapan.

Sementara itu Kades Buluh Manis Legimun menyampaikan bahwa Musrenbangdes merupakan rutinitas setiap tahun.

"Kepada masyarakat kita sampaikan jika masih ada usulan yang belum terakomodir, maka masih ada waktu untuk memasukkan usulan dalam DU RKP tahun 2023 dan usulan tahun 2023 ini tidak terfokus bidang infrastruktur tapi juga pemberdayaan," kata Legimun.

Kades juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bengkalis dengan program unggulan bantuan dana Rp 1 M setiap Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

"Terima kasih atas program unggulan Bupati Bengkalis yaitu Bermasa, karena sangat menyentuh masyarakat untuk membantu pembangunan Desa dan pemberdayaan guna meningkatkan ekonomi masyarakat," pungkasnya. ** (Red/Brt)
Baca Juga