Type Here to Get Search Results !

Masyarakat Duri Ngeluh, Minta Kabel Internet Terpasang Semerawut Ditertibkan!

DURI (AktualBersuara.Com) - Kebutuhan jaringan internet saat ini di tengah-tengah masyarakat membuat para pengusaha jasa jaringan internet yang dikenal dengan Internet Servis Provider (ISP) semakin banyak bermunculan di Kota Duri, Bengkalis. 

Banyaknya ISP saat ini, disayangkan masih belum tertata dengan rapi pemasangan kabel jaringan yang berada di tiang listrik  
tiga Pasha (arus tegangan tinggi) atau pada tiang-tiang lainnya. 

Hal itu terlihat, kabel berjenis Fiber Optik (FO) masih semerawut dan mulai meresahkan masyarakat karena sudah ada beberapa orang yang menjadi korban sampai di bawa ke rumah sakit. 

Ditambah lagi ada box ODP sebuah kotak terminal kabel fiber optik yang dipasang pada tiang kabel telepon yang berfungsi sebagai tempat untuk membagi core serat optic dari kabel utama ke pelanggan sudah bak benalu menempel di tiang -tiang yang tidak diketahui siapa pemiliknya. 

Wira (31) salah seorang warga Duri, menyebutkan keberadaan kabel internet saat memang terlihat tidak tertata dengan rapi, semerawut seperti benang kusut saja yang bisa membuat resiko kepada masyarakat. 

"Seperti yang berada di tempat tinggal saya, selain semerawut, kabel jaringan itu ada juga yang kendor. Harusnya ada pemeliharaan bagian kontrol, Ketua RT, RW setempat mestinya diberi tahu ada layanan pengaduan, biar masyarakat tidak bingung mau melapor kemana," ucap Wira yang tinggal di Kelurahan Air Jamban , Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis-Riau. Jum'at (16/09/22).

Senada warga lain, Berto (34) mengatakan merasa risih melihat kabel jaringan internet yang terpasang di tiang-tiang semakin hari terlihat makin kendor sampai ke badan jalan. 

"Ini sangat mengkhawatirkan karena dapat membahayakan masyarakat yang melintas, bisa-bisa membuat masyarakat jatuh saat membawa kendaraan," terangnya berharap kepada Pemerintah Setempat segera menertibkan kabel-kabel internet yang tidak sesuai SOP. 

Sementara itu, pantauan di lapangan ada beberapa tiang terlihat sudah miring bersandar di tiang lain bahkan ke bangunan dan rumah masyarakat. 

Selain itu, ikatan kabel-kabelnya pun kebanyakan sudah kendur, sehingga melorot dan mendekati permukaan jalan. Kesemrawutan kabel-kabel ini sudah terlihat di beberapa titik lokasi juga membentang cukup panjang.

Tak cuma kabel yang melintang di sana-sini, tapi juga tiang-tiang saling bergerombol di setiap titik.Lantas, apakah kabel-kabel semrawut yang masih bergelantungan di ruas Jalan itu akan diberikan tindakan oleh instansi berwenang?.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Bengkalis Basuki Rahmad saat dikonfirmasi sangat menyayangkan informasi adanya kondisi kabel-kabel yang semrawut, yang terpasang saat ini di tiang-tiang listrik milik PLN.

"Kita menghimbau dan meminta kepada seluruh jasa jaringan internet yang ada di wilayah Duri Kecamatan Mandau dan Kecamatan Bathin Solapan agar dapat mengurus perizinan berusaha dan melaksanakan kegiatan/usaha sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ucap Mantan Camat Mandau itu. ** (Red/Brt)
Baca Juga

Below Post Ad