-->
Type Here to Get Search Results !

Manfaatnya Menyeluruh, Program JKN Ibarat Sedia Payung Sebelum Hujan

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Keberadaan Program JKN semakin dikenal masyarakat akan manfaatnya yang luar biasa, bahkan sudah banyak yang terbantu program ini. Salah satunya Friyati (33), warga Kelurahan Bumi Ayu yang terdaftar sebagai peserta JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan pemerintah pusat. Sebagai peserta Program JKN, Friyati telah beberapa kali memanfaatkan jaminan pelayanan kesehatan yang menjadi haknya.

“Selama ini saya memanfaatkan Program JKN untuk berobat tapi tidak pernah sampai dirawat inap, hanya berobat jalan. Tapi kali ini dokter meminta saya untuk cek laboratorium karena memang beberapa hari ini saya merasakan kurang enak badan, agak lemas dan pusing,” kata Friyati saat dijumpai di Puskesmas Bumi Ayu, Selasa (20/09/22).

Dari hasil pemeriksaan laboratorium, ternyata kolesterol Friyati tergolong tinggi sehingga menyebabkannya sering merasa sakit kepala. Untuk itu, dokter memberikannya terapi dan obat untuk menurunkan kolesterolnya. 

Kolestrol LDL adalah lemak yang disebut lemak jahat karena bisa menimbun pada dinding dalam dari pembuluh darah, terutama pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak.

 Penyakit ini sering terjadi karena gaya hidup tidak sehat seperti merokok, obesitas, diabetes, dan tidak berolahraga. 

"Saya bersyukur telah menjadi peserta Program JKN, sebab program ini sangat membantu meringankan beban ekonomi keluarga saat ada yang membutuhkan layanan kesehatan. Saya ingat dulu sebelum ada Program JKN banyak masyarakat yang susah untuk berobat, termasuk saya. Bukan karena keterbatasan fasilitas kesehatan, tapi karena biaya berobat yang mahal,” ungkap Friyati.

Ia melanjutkan bahwa kondisi saat ini, penghasilan masyarakat hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari, tapi dengan Program JKN masyarakat tidak perlu bingung untuk biaya berobat karena akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

Ia pun mengingatkan, agar bisa dijamin BPJS Kesehatan, kartu JKN peserta harus aktif dan peserta harus mengikuti prosedur yang berlaku.

“Kita tidak tahu kapan kita sakit, oleh karena itu sebaiknya kita sudah siap sedia sebelum penyakit itu datang. Jangan baru jadi peserta JKN ketika sudah sakit karena itu terlambat. Seperti kata peribahasa, sedia payung sebelum hujan. Sedia JKN sebelum membutuhkan," tutup Friyati. ** (Red/Brt)
Baca Juga