-->
Type Here to Get Search Results !

Ibu Suria Bersyukur, Program Rujuk Balik Bantu Kendalikan Diabetes Mellitus

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Suria (64) adalah peserta JKN yang didaftarkan anaknya sebagai anggota keluarga tambahan. 

Ia sudah lama mengidap penyakit diabetes melitus atau yang biasa dikenal masyarakat sebagai penyakit kencing manis. Tahun 2021 silam Suria pernah dirawat inap di RSUD Dumai selama sepuluh hari karena gula darahnya tinggi.

“Saya sudah lama mengidap penyakit kencing manis ini, tetapi kalau sampai dirawat baru sekali tahun lalu. Padahal saya rajin kontrol ke Puskesmas, rajin jaga pola makan, tapi masih saja kecolongan. Kalau bisa jangan sampai di rawat lagi, saya tak mau menyusahkan anak-anak. Apalagi mereka semua sudah bekerja dan berumah tangga, pastinya juga mereka sibuk dengan pekerjaan dan keluarganya,” ujar warga Kelurahan Bumi Ayu ini, Selasa (20/09/22) kemarin.

Oleh karena itu, setiap obatnya habis, ia tak pernah menunda untuk kontrol ke Puskesmas dan mengecek gula darahnya. Beruntung Suria sudah terdaftar sebagai peserta Program Rujuk Balik (PRB) BPJS Kesehatan. 

PRB adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan jangka panjang yang dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atas rujukan dari dokter spesialis/sub spesialis.

Suria sangat bersyukur dengan adanya Program JKN karena sangat bermanfaat dan banyak membantu masyarakat, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu seperti dirinya. Suria juga mengapresiasi kepedulian pemerintah pusat maupun daerah yang berkomitmen memberikan jaminan pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

“Sejak ada Program JKN ini banyak masyarakat yang terbantu berobat. Kalau dulu banyak yang tidak bisa berobat, bukan karena tidak mau tapi karena tidak ada biayanya. Terima kasih kepada pemerintah yang sudah peduli terhadap kesehatan masyarakat. Harapan saya, semoga Program JKN ini bisa berjalan berkesinambungan,” ungkapnya. ** (Red/Brt)
Baca Juga