-->
Type Here to Get Search Results !

Hasyim: Program JKN Bertumbuh Semakin Baik dari Waktu ke Waktu

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Hasyim (55), seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdinas di Puskesmas Bukit Timah, menyambut baik kunjungan tim Jamkesnews di kediamannya, Senin (22/08/22). 

Dia mengaku, ada banyak hal yang ingin diungkapkannya seputar pelayanan JKN. Sebagai PNS yang sudah terdaftar peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN), Hasyim pernah memanfaatkan kartu JKN miliknya untuk beberapa kali berobat.

“Tiga tahun silam saya pernah dirawat, ketika itu saya tiba-tiba pusing dan mual disertai muntah-muntah. Karena Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) saya terdaftar tutup, akhirnya saya dibawa ke rumah sakit dan disarankan dokter untuk dirawat inap. Kata dokter, saya mengalami gangguan pada pencernaan yang serius. Untungnya, setelah diberikan terapi obat, dua hari kemudian saya sudah diperbolehkan pulang,” ujar Hasyim.

Hasyim sangat berkesan dengan pelayanan JKN yang telah ia rasakan selama ini. Menurutnya, beberapa kali ia dan keluarganya dirawat sebagai peserta jaminan kesehatan, sejak PT Askes (Persero) hingga berubah menjadi BPJS Kesehatan, kualitas layanannya selalu terjaga. Ia pun sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah memperluas Program JKN sehingga seluruh masyarakat bisa merasakannya.

“Saya teringat dulu sebelum BPJS Kesehatan banyak masyarakat yang bertanya bagaimana caranya bisa jadi peserta Askes, ruang lingkup peserta Askes kan hanya untuk Pegawai Negeri Sipil, Pensiunan Pegawai Negeri Sipil dan Pensiunan TNI/POLRI. Di era BPJS Kesehatan ini seluruh masyarakat bisa mendaftar jadi peserta Program JKN,” ujar Hasyim.

Hasyim juga menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan saat ini sudah semakin bagus, baik itu di tingkat pertama maupun di tingkat lanjutan. Ia pun mengapresiasi BPJS Kesehatan yang telah membuat Program JKN bertumbuh semakin baik, ditambah dengan inovasi-inovasi baru yang memudahkan masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan

“Pelayanan JKN saat ini sudah semakin baik. Semua penyakit dijamin asalkan sesuai indikasi medis, ditambah lagi semakin banyaknya rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga bersaing untuk memberikan pelayanan terbaik,” ungkap Hasyim.

Salah satu yang diapresiasi Hasyim adalah Aplikasi Mobile JKN yang selain memudahkan peserta JKN, juga memudahkannya dalam menjalankan tugas sebagai petugas di loket pendaftaran. Menurutnya, teknologi sekarang sudah makin berkembang sehingga pelayanan publik juga harus beradaptasi menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang dinamis.

"Di sini ada sebagian peserta yang memanfaatkan aplikasi Mobile JKN tersebut untuk mendaftar berobat. Kami selalu memberikan edukasi kepada peserta untuk memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN. Alhamdulillah responnya sangat positif, banyak dari mereka yang bilang aplikasi ini sangat membantu,” terangnya. ** (Red/Brt)
Baca Juga