-->
Type Here to Get Search Results !

Bupati Kasmarni Buka Sosialisasi Pembentukan dan Pengembangan Desa Tangguh Bencana

PINGGIR (AktualBersuara.Com) - Bupati Bengkalis, Kasmarni membuka kegiatan sosialisasi pembentukan dan pengembangan Desa/Kelurahan tangguh bencana kepada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Bengkalis, Kamis (15/09/22), di Gedung Hj. Nuriyah Binti Sontel di Desa Muara Basung, Pinggir. 

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara BPBD dan DPMD tentang desa tangguh bencana.

Sekaligus serah terima sertifikat hibah tanah dari Kades Koto Pait kepada Bupati Bengkalis dalam rangka penguatan urusan ketatausahaan bencana di Kabupaten Bengkalis.

"Saya menyambut baik dengan ditandatanganinya komitmen bersama antara BPBD dan DPMD hari ini. Untuk itu, apresiasi yang tinggi saya berikan kepada Kepala Pelaksana Badan Penganggulangan bencana daerah Kabupaten Bengkalis dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Bengkalis atas inisiatifnya membuat komitmen bersama pembentukan dan pengembangan Desa/Kelurahan tangguh bencana ini," ujarnya.
Minimal apa yang dilaksanakan hari ini lanjut Kasmarni, dapat menggesa terbentuknya kelembagaan forum Desa tangguh bencana di setiap Desa di wilayah Kabupaten Bengkalis, terakomodirnya anggaran yang memadai pada APBD Desa bagi terwujudnya program Desa tangguh bencana, mendorong terbentuknya relawan kebencanaan seperti MPA, MBP dan lain-lainnya di tingkat Desa dan mendorong tumbuh serta berkembangnya partisipasi masyarakat di tingkat Desa dalam mendukung terbentuknya Desa tangguh bencana.

"Untuk itu, melalui penandatanganan komitmen bersama ini, saya minta kepada BPBD serta DPMD, kiranya dapat mengimplementasikan seluruh isi komitmen ini dengan baik serta tindakan nyata, bukan sekedar seremonial belaka. Karena komitmen yang kita bangun saat ini merupakan potensi yang bernilai strategis untuk bersama-sama kita optimalkan, guna menanggulangi resiko bencana di Daerah, dalam mendukung tercapainya visi Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.” tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, Kasmarni menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Koto Pait Kecamatan Talang Muandau, yang telah menyerahkan sertifikat hibah tanah dari kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam rangka penguatan urusan ketahanan bencana. 

"Dan saya juga minta kepada BPBD, kiranya tanah ini dapat diberdayakan seoptimal mungkin, untuk kegiatan ketahanan bencana daerah," pungkasnya.

Tampak hadir Asisten I Andris Wasono, Staf Ahli Bupati Toharuddin, Kalaksa BPBD Provinsi Riau, Kalaksa BPBD Bengkalis Hadi Prasetyo, Plt. Kadis PMD Ismail sejumlah Kepala Perangkat Daerah, para Camat dan Kepala/Desa se-Kabupaten Bengkalis. ** (Red/Brt)
Baca Juga