-->
Type Here to Get Search Results !

Buka MTQ ke-IV Talang Muandau, Kasmarni Harap Momen Ini Cetak Generasi Unggul dan Qur'ani

TALANG MUANDAU (AktualBersuara.Com) - Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-IV tingkat Kecamatan Talang Muandau tahun 2022 ini, Bupati Bengkalis Kasmarni berharap hendaknya sebagai momentum mencetak manusia yang unggul dan Qur’ani, dalam upaya menuju masyarakat yang religius.

Hal itu disampaikannya saat membuka MTQ ke-IV tingkat Kecamatan Talang Muandau tahun 2022, Kamis (15/09/22), di halaman Kantor Camat Talang Muandau.

Tiba di lokasi Bupati Bengkalis didampingi para rombongan langsung meresmikan stand bazar, kemudian dilanjutkan kunjungan ke semua stand bazar. Stand bazar Kecamatan Talang Muandau menjadi tempat yang pertama kali di kunjungi Bupati bersama rombongan.

Dalam sambutan Bupati Kasmarni menyampaikan, mudah-mudahan momentum pelaksanaan MTQ ini, akan berpengaruh besar dalam upaya bersama mencetak generasi yang beriman, religius dan berkarakter, yakni, generasi yang senantiasa menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup, meyakini kebenaran al-quran, membaca, memahami, serta dapat mengamalkannya dalam seluruh aspek kehidupan. 

Hal ini sesuai misi Pemerintah Kabupaten Bengkalis, ingin menjadikan penguatan nilai-nilai agama menuju masyarakat yang berkarakter, sebagai langkah nyata bersama, demi tercapainya visi mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

"Selain peran pemerintah, saat ini yang perlu kita tingkatkan adalah peran orang tua atau keluarga. Karena orang tua menjadi model pengembangan terbentuknya karakter anak. Cara yang paling tepat adalah peran orang tua dengan membiasakan dan memberikan contoh perilaku-perilaku yang baik serta penanaman akhlak sejak anak usia dini," jelas Kasmarni.

Selain itu kebutuhan rohani masyarakat, kata juga tetap menjadi perhatian serius, agar terbangunnya masyarakat Negeri Junjungan yang berkarater, berintegritas, maju dan sejahtera baik lahir maupun bathin. Baik melalui kegiatan pembinaan ummat satu desa satu penyuluh agama, pembekalan keluarga sakinah, serta pemberian beasiswa tahfidz qur’an dan kegiatan lainnya.

Kepada peserta dan kafilah MTQ, Bupati Kasmarni mengucapkan selamat bermusabaqah, sedangkan kepada Dewan Hakim dan majelis hakim, Bupati yang bergelar Kanjeng Mas Tumenggung Kasmarni Purbaningtyas itu pesan agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 

Hal itu selaras dengan tema yang diusung, yakni "Melalui MTQ ke-IV, mari kita bangun masyarakat Kecamatan Talang Muandau yang beriman, religius dan berkarakter guna mendukung Kabupaten Bengkalis Bermasa”.

"Pada tahun ini, perlu juga saya sampaikan, bahwa pada APBD tahun 2022 ini, Kecamatan Talang Muandau telah mendapatkan alokasi anggaran sebesar lebih kurang Rp. 40.421.060.000 meliputi urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, sosial serta ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat," ujarnya.

Tahun ini juga lanjut Bupati, telah dianggarkan pembangunan jalan strategis Kabupaten yang ada di Kecamatan Talang Muandau antara lain: peningkatan jalan Kayu Api sebesar 15 milyar dan peningkatan jalan Beringin sebesar 10 milyar. 

"Kita berharap kegiatan yang sudah dianggarkan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga bermanfaat untuk kepentingan masyarakat," pungkasnya.

MTQ ke-4 Tingkat Kecamatan Talang Muandau ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 15-17 September 2022, diikuti sebanyak 81 orang peserta. 

Perhelatan MTQ ke-4 Kecamatan Talang Muandau tahun ini, dimeriahkan 9 stand Desa dan 1 stand Kecamatan.

Turut hadir Wakil Bupati H. Bagus Santoso, Sekda H. Bustami HY, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Siti Aisyah, Ketua DWP Bengkalis Kabupaten Bengkalis Hj Akna Juita, Forkopimda Bengkalis serta Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator Pemerintah Kabupaten Bengkalis Camat Mandau, Bathin Solapan dan para tamu undangan lainnya. ** (Red/Brt)
Baca Juga