-->
Type Here to Get Search Results !

Tak Khawatir Lagi, Kesehatan Keluarga Ibu Dua Anak Ini Dilindungi JKN KIS

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Upik Rohani (42) sudah lama terdaftar sebagai peserta JKN dari segmen PBI APBD. Ibu dari dua orang anak ini sehari-hari bekerja sebagai petugas kebersihan yang setiap hari membersihkan pekarangan di depan Pendopo atau Rumah Dinas Walikota.

Saat dijumpai pada Jum'at (12/08/22) lalu, Upik yang tengah bertugas langsung menyambut baik kedatangan tim Jamkesnews. 

Wanita yang ramah dan murah senyum ini pun menceritakan pengalamannya beberapa kali memanfaatkan kartu KIS miliknya.

“Kartu ini saya terima dari Kelurahan, kami sekeluarga semuanya dapat kartu KIS ini. Kartu KIS ini sudah banyak menolong kami, saya saja sudah dua kali dirawat. Yang pertama waktu melahirkan anak ketiga saya memanfaatkan kartu KIS ini untuk penanganan persalinannya walaupun akhirnya anak saya tidak dapat diselamatkan karena memang sudah meninggal di dalam. Kemudian yang kedua, saat saya dirawat karena gula darah saya sedang naik sempat tiga hari,” kenang Upik.

Upik memang mengidap diabetes melitus atau masyarakat lebih mengenalnya dengan penyakit kencing manis. Untungnya, ia sudah terdaftar sebagai pasien Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Puskesmas Jaya Mukti. Ia rutin menjalani konsultasi dengan dokter di Puskesmas. 

Selama berobat baik di Puskesmas maupun di rumah sakit, ia merasakan pelayanan yang sangat baik oleh petugas medis. Terlebih dengan adanya Mobile JKN yang membantunya mengambil nomor antrean di fasilitas kesehatan, ia semakin merasa dimudahkan.

"Bukan hanya saya, suami juga pernah dirawat di RSUD Dumai menggunakan Program JKN. Kala itu suami saya terkena demam berdarah tepatnya pertengahan tahun lalu. Hampir satu minggu suami saya dirawat. Alhamdulillah akhirnya sembuh berkat pelayanan rumah sakit yang baik dan tentunya tak lepas dari peran BPJS Kesehatan penjamin biaya kami berobat,” ungkap Upik.

Di akhir pertemuan Upik berharap pemerintah melalui BPJS Kesehatan dan Program JKN tetap dipertahankan keberadaannya. Ia juga berharap rumah sakit bisa meningkatkan pelayanannya karena masyarakat karena sangat banyak masyarakat yang berobat menggunakan JKN. ** (Red/Brt)
Baca Juga