-->
Type Here to Get Search Results !

Puluhan Mahasiswa Unjuk Rasa di Bengkalis, Tuntut Kepedulian Perusahaan Bagi Masyarakat

BUKIT BATU (AktualBersuara.Com) - Ikatan Mahasiswa Kecamatan Bukit Batu atau disingkat IMKABUBA melakukan aksi unjuk rasa, pada Kamis (11/08/22).

Aksi mereka tersebut menyampaikan tuntutan terhadap beberapa perusahaan, seperti perusahan PT. SPM, PT. RMJ, PT. CIS, DAN PT. Sarindo di Kabupaten Bengkalis. Mereka meminta agar perusahaan-perusahaan tersebut peduli dan lebih peka kepada masyarakat setempat.

Kapolres Bengkalis menerjunkan anggotanya untuk melakukan pengamanan aksi unjuk rasa damai dari Ikatan Mahasiswa Kecamatan Bukit tersebut.

Aksi itu berlangsung di pintu masuk PT. SPM Desa Sukajadi, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Dalam kegiatan ini, pengamanan aksi unjuk rasa ini dipimpin oleh Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko SIK, di mana diturunkan lebih kurang 100 personel gabungan dari Polres Bengkalis, Polsek Bukit Batu dan Polsek Siak Kecil.
Masa dalam Aksi unjuk rasa ini yaitu berjumlah lebih kurang 20 orang Ikatan Mahasiswa Kecamatan Bukit Batu yang dipimpin oleh Koordinator Umum Hukmul Fikri, didampingi oleh Korlap M Rio Azlani. 

Dalam aksinya, massa kelompok mahasiswa ini menuntut terkait dengan kekecewaan terhadap perusahaan akibat tidak mementingkan keadaan lingkungan sekitar.

“Kami disini menyampaikan rasa kekecewaan kepada pihak perusahaan yang terlalu mementingkan kepentingan pribadi dan tidak pernah merespon kami dengan baik dan kami merasa tanah dan air di kampung kami ini dikotori oleh limbah dari perusahaan, dan kami meminta kepada pimpinan perusahaan untuk bersedia menerima kehadiran kami dan melakukan audiensi kepada kami," orasi Rio, dari perwakilan Ikatan Mahasiswa Kecamatan Bukit Batu. 

Lebih lengkapnya, inilah tuntutan Ikatan Mahasiswa Kecamatan Bukit Batu (IMKABUBA) terhadap perusahan PT. SPM, PT. RMJ, PT. CIS, DAN PT. Sarindo:

Poin pertama, mereka meminta pimpinan perusahaan untuk menjalankan tanggung jawab sosial lingkungan terkait maraknya limbah Sungai Bukit Batu akibat dari operasional perusahaan. 

Kedua, meminta pimpinan perusahaan transparan terkait informasi CSR Pendidikan Mahasiswa Kecamatan Bukit Batu. 

Ketiga, meminta pimpinan perusahaan untuk aktif berpartisipasi pada kegiatan sosial yang berada di daerah operasional perusahaan. 

Keempat, meminta perusahaan untuk bertanggung jawab terhadap transportasi angkutan kayu yang membahayakan masyarakat. 

Lalu kelima, meminta perusahaan untuk mengevaluasi tranportasi yang berada di lintas Jalan Sukajadi yang menyebabkan aktivitas masyarakat terganggu. 

Dan keenam, meminta perusahaan untuk berkomunikasi dengan organisasi kepemudaan agar dapat beriringan dalam memajukan daerah. 
Sementara itu, Humas PT SPM Hermas memberikan tanggapan terhadap tuntunan dari IMKABUBA, tuntutan yang diajukan akan ditindaklanjuti oleh perusahaan.

“Kami pihak perusahaan menerima tuntutan aksi dari rekan-rekan mahasiswa dan sebelumnya kami juga telah memberikan tawaran untuk melakukan audiensi kepada mahasiswa sekalian tapi mahasiswa sekalian tidak pernah mau untuk berdiskusi Bersama kami. Untuk kedepannya perusahaan bersedia melakukan audiensi dengan pihak mahasiswa,“ kata Hermas.

Aksi unjuk rasa ini selesai pada pukul 15.00 WIB dengan keadaaan aman dan terkendali. (Red/Riri)
Baca Juga