-->
Type Here to Get Search Results !

Lestarikan Alam, Mahasiswa Kukerta Unri Bagikan 450 Bibit Pohon ke Masyarakat Parit Kebumen Rupat

RUPAT (AktualBersuara.Com) - Peduli lingkungan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata atau Kukerta Universitas Riau melakukan aksi pembagian 450 bibit pohon berbuah kepada masyarakat Desa Parit Kebumen. 

Sebelum semua bibit diberikan kepada RW/RT setempat, secara simbolis Tim Kukerta Universitas Riau melakukan penyerahan sekaligus penanaman 3 bibit pohon oleh bapak Kepala Desa di halaman Kantor Desa Parit Kebumen pada Jum’at (22/07/2022).

Pelaksanaan kegiatan pembagian bibit pohon difasilitasi ibu Rahmita Budiartiningsih, SE, M.Hum, selaku dosen pembimbing lapangan dan juga bekerja sama dengan BPDASHL Indragiri Rokan yang memberikan 450 bibit pohon untuk ditanam di lahan milik masyarakat Desa Parit Kebumen, Rupat, Bengkalis, Riau.

Menurut Alief Farizie Hanif selaku ketua kelompok KKN, pengusungan program kerja penanaman pohon dilakukan sebagai bukti kepedulian mahasiswa terhadap pentingnya penghijauan di lingkungan sekitar. 

Selain itu, harapan tim kukerta sekitar 2 sampai 3 tahun mendatang warga Desa Parit Kebumen sudah dapat memetik buah yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber usaha atau konsumsi pribadi. Aksi penanaman pohon ini sendiri mengusung tema “One House, One Tree”.

“Alasan kami melakukan kegiatan penanaman pohon yaitu untuk melakukan penghijauan, sekaligus menjadikan Desa Parit Kebumen menjadi desa yang sejuk dan asri," terang Alief.
Begitu juga dengan bapak Sabaruddin yang merupakan Kepala Desa Parit Kebumen, beliau benar-benar mengapresiasi kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat bagus dan kalau bisa diadakan disetiap tahunnya, hal ini dengan tujuan selain menjaga udara tetap segar dan asri akan tetapi juga mengedukasi masyarakat untuk mulai peduli dengan kelestarian lingkungan sekitar," imbuh beliau.

Kegiatan penanaman pohon ini tentunya mendapat perhatian dan tanggapan positif juga dari perangkat Desa Parit Kebumen.

“Menurut saya kegiatan penanaman pohon ini sangat bermanfaat sekali, terlebih pohon yang diberikan merupakan pohon yang berbuah. Sehingga, selain dapat membuat suasana desa semakin asri kami kelak dapat memetik hasil dari apa yang kami tanam," jelas Al-Mustafa, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Parit Kebumen.

Beberapa perangkat desa lainnya berharap bahwa kegiatan serupa juga akan dilaksanakan secara berkesinambungan dengan melibatkan mahasiswa KKN dengan tema Aksi Cinta Lingkungan.

Adapun jenis pohon yang dibawa yaitu pohon mangga (Mangifera indica L), durian (Durio zibethinus), dan mahoni (Swietenia macrophylla). Lokasi penanaman bibit pohon juga kami lakukan dibeberapa lahan kosong yang gersang di Desa Parit Kebumen. ** (Red/Brt)
Baca Juga