-->
Type Here to Get Search Results !

Rose: Cukup dengan KTP, Peserta JKN Dapat Akses Pelayanan Kesehatan

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Saat ini, peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang membutuhkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dapat menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sementara, bagi peserta JKN yang berusia di bawah 17 tahun dapat menunjukkan Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Identitas Anak (KIA). 

Salah seorang peserta JKN yang telah merasakan kebijakan ini adalah Rose Sihombing (55). Pada Maret 2022 yang lalu, Rose datang ke Rumah Sakit Lavalette Malang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan oleh petugas rumah sakit, Rose hanya diminta menunjukkan KTP elektroniknya.

“Saat itu saya jatuh, lalu saya langsung dibawa ke IGD rumah sakit terdekat. Kemudian saat di resepsionis saya hanya diminta menunjukkan KTP elektronik saja, tidak diminta berkas macam-maca. Saya langsung mendapatkan perawatan tanpa diminta biaya lagi sebagai peserta JKN,” ungkap Rose. Selasa (26/07/22).

Rose pun mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan pelayanan bagi peserta JKN. Terlebih menurutnya, ketika sedang dalam keadaan panik karena membutuhkan pelayanan kesehatan segera, terkadang seseorang lupa membawa kartu JKN. Sedangkan untuk mengakses KIS secara digital di aplikasi Mobile JKN, belum tentu semua peserta dapat melakukannya.

“Dengan adanya kebijkan ini kalau suatu saat membutuhkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, kita bisa hanya dengan menunjukkan KTP elektronik. Saya rasa inovasi ini sangat bagus ya, karena terkadang kita lupa tidak membawa kartu JKN, atau mungkin kartunya hilang, jadi peserta JKN tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelas Rose.

Sebagai peserta JKN yang sudah pernah merasakan manfaat dari program ini, Rose berharap BPJS Kesehatan dapat terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pesertanya. Rose juga berharap agar peserta JKN selalu membagikan semangat gotong royong membantu orang lain dengan membayar iuran JKN tepat waktu setiap bulannya.

“Terima kasih untuk BPJS Kesehatan yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada saya dan seluruh peserta Program JKN,” kata Rose. (Red/Brt)
Baca Juga