-->
Type Here to Get Search Results !

Jadi Peserta JKN, Mahasiswa Ini Senang Tidak Dipungut Biaya Tiap Kali Berobat

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk menjamin kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan pemerintah telah meluncurkan program yang bernama JKN. Program JKN merupakan salah satu program jaminan sosial yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sejak beroperasi pada 2014, telah banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini.

Salah satunya adalah mahasiswi asal Bengkalis, Riau yang bernama Emyranda Samosir. Perempuan ramah yang akrab disapa Randa oleh teman-temannya ini mengaku dirinya sering mengeluhkan masalah kesehatan seperti gejala flu yakni demam, batuk, dan pilek dan penyakit lainnya.

“Dulu waktu kuliah saya sering sakit-sakitan bahkan ke Faskes Tingkat Pertama (FKTP) itu hampir setiap hari. Tapi Puji Tuhan berkat keikutsertaan saya pada Program JKN ini saya jadi terbantu,” ujar Randa kepada awak media, Selasa (29/07/22).

Emyranda merupakan peserta JKN aktif segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Menurutnya, dengan adanya Program JKN ini, dirinya dapat lebih tenang karena tidak lagi memikirkan masalah biaya jika membutuhkan pelayanan kesehatan, termasuk jaminan kesehatan anggota keluarganya yang lain seperti kedua orangtua.

"Karena dengan menjadi peserta JKN, jika kita sakit maka biaya perawatan dan pengobatan sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan," ujar Randa sambil tersenyum ramah.

Tidak hanya dirinya, Emyranda juga mendaftarkan anggota keluarganya untuk ikut merasakan manfaat dari program jaminan kesehatan yang disebut menjadi program jaminan kesehatan terbesar di dunia milik pemerintah tersebut. 

"Selain merasa aman lantaran masalah kesehatan pasti mendapat penanganan yang baik, masalah biayanya yang juga ditangani membuat kami merasa amat tertolong. Saya berharap pemerintah semakin menyempurnakan Program JKN sehingga dapat semakin membantu masyarakat," katanya. (Red/Brt)
Baca Juga