Type Here to Get Search Results !

Upaya Peningkatan SDM dan UMKM, PHR WK Rokan dan Polbeng Jalin Kerja Sama Perdana

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan meresmikan kemitraannya dengan Politeknik Bengkalis (Polbeng) melalui sebuah acara di Auditorium Kampus Polbeng, Bengkalis, pada Selasa (14/06/22). 

Inilah salah satu wujud nyata kontribusi PHR WK Rokan terhadap upaya peningkatan kualitas SDM dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis khususnya, serta di Provinsi Riau pada umumnya.

Peresmian kemitraan perdana PHR WK Rokan dan Polbeng tersebut disaksikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bengkalis Heri Indra yang hadir mewakili Bupati.

”Kami dari Pemkab Bengkalis memberikan apresiasi setinggi-tinginya kepada PHR WK Rokan atas program ini. Semoga akan berdampak kepada Daerah dan perguruan tinggi itu sendiri, serta membantu mewujudkan visi Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera,” ujar Heri Indra. 

Tahun ini dukungan PHR WK Rokan kepada Polbeng meliputi pengadaan peralatan simulasi Automatic Identification System (AIS); pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi kompetensi Traning of Trainer (ToT) Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Migas; pemberian beasiswa studi S3 bagi dosen; dan pengabdian masyarakat berupa pendampingan dan pembinaan UMKM, Karang Taruna Mandau, dan KNPI Bengkalis. 

Pendampingan UMKM berupa pelatihan keterampilan dan bantuan peralatan itu dapat sekaligus mendukung program Pemkab Bengkalis dalam mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi.

“Kemitraan PHR WK Rokan dengan perguruan tinggi, dalam hal ini Polbeng, bertujuan mendukung peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa sehingga dapat meningkatkan akreditasi perguruan tinggi yang bersangkutan,” tutur VP Corporate Affairs PHR WK Rokan Sukamto Tamrin dalam kesempatan terpisah. Kedua pihak juga berkolaborasi mendapatkan dana pendamping (matching fund) dari Kemendikbud RI melalui aplikasi Kedaireka. Kegiatan dana pendamping ini sejalan dengan visi Kampus Merdeka.

Polbeng berdiri pada 2001 dan saat ini berakreditasi Baik Sekali (B). Acara peresmian kerja sama ini tindak lanjut dari penandatanganan MoU PHR WK Rokan dengan delapan perguruan tinggi di Riau, termasuk Polbeng, pada Desember tahun lalu. ”Perguruan tinggi dapat berperan sebagai mediasi dalam bingkai CSR yang dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami berharap kerja sama ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kualitas SDM di Kabupaten Bengkalis,” ujar Direktur Politeknik Bengkalis Jony Custer, S.T., M.T.

PHR WK Rokan menjalin kemitraan dengan sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Bumi Lancang Kuning, sekaligus penerapan kemitraan pentahelix dalam pelaksanaan program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Selain dengan Polbeng, WK Rokan juga menjalin kemitraan dengan Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Universitas Lancang Kuning, Politeknik Caltex Riau, dan Sekolah Tinggi Pariwisata Riau. (Red/Pas)
Baca Juga

Below Post Ad