-->
Type Here to Get Search Results !

TNI Manunggal, Air Bersih Sasar Puluhan KK dan Rumah Ibadah di Desa Sebangar

BATHIN SOLAPAN (AktualBersuara.Com) - Program Manunggal Air Bersih Tentara Nasional Indonesia (TNI) akhirnya dirasakan puluhan Kepala Keluarga (KK) di Kilometer 18 Kulim, jalan lintas Duri - Dumai, Desa Sebangar, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Diketahui, program kemanunggalan TNI dalam hal penyediaan air bersih berhasil diwujudkan jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0303/Bengkalis pimpinan Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto. Berlokasi di Gang Posyandu lingkungan RT03 RW06, titik pengeboran telah sampai pada sumber air bersih.

“Alhamdulillah, sudah ditemukan sumber air bersih di dua titik pengeboran sempena program TNI Manunggal Air Bersih di wilayah jajaran Koramil 03/Mandau, Kodim 0303/Bengkalis,” kata Dandim 0303/Bengkalis, Letkol (Inf) Endik melalui Danramil 03/Mandau, Kapten (Arh) Jemirianto, Minggu (05/06/22).

Setelah ditemukannya sumber air bersih lewat proses pengeboran, selanjutnya prajurit Koramil 03/Mandau bersama warga setempat segera menyambung jaringan pipa dengan panjang sekira 200 meter. Penyambungan pipa dilakukan untuk memaksimalkan distribusi air bersih ke rumah-rumah penduduk.

Sebelum dialirkan ke rumah-rumah penduduk, air terlebih dahulu ditampung pada wadah penampungan yang tengah dirancang letaknya pada tower atau menara penopang. “Jadi, selanjutnya akan didirikan tower penampungan air dan kemudian menyambung jaringan pipa sepanjang kurang lebih 200 meter,” ujarnya.

Dalam kegiatan TNI Manunggal Air Bersih ini, masih kata Kapten Jemi, terdapat sekira 50 Kepala Keluarga (KK), 2 Musholla dan 1 Gereja yang akan terdampak serta dapat menikmati berkah berupa melimpahnya sumber air hasil karya Koramil 03/Mandau, Kodim 0303/Bengkalis.

Terkait program baik yang berhasil digagas para prajurit TNI, Camat Bathin Solapan, Aulia Army Efendi mengaku sangat bahagia dan menghaturkan terima kasih. Ia menilai, program tersebut sangat membantu masyarakat yang selama ini terdampak kesulitan mendapatkan sumber air bersih.

“Selama ini warga kita beli air bersih. Namun sekarang, kami bersyukur ada program TNI Manunggal Air Bersih. Ada 50 Kepala Keluarga, 2 Musholla dan 1 Gereja yang mendapat manfaat air bersih. Selaku Camat Bathin Solapan mewakili masyarakat, kami ucapkan terima kasih. Semoga warga yang merasakan hasil karya TNI Manunggal Air ini bisa mendapat manfaat maksimal, untuk itu kami ucapkan terima kasih,” ungkap Aulia Army. ** (Red/Brt)
Baca Juga