-->
Type Here to Get Search Results !

Tinjau Pelatihan Juru Las Karang Taruna Mandau, Camat Mandau Berikan Apresiasi

MANDAU (AktualBersuara.Com) - Camat Mandau Riki Rihardi dan juga sebagai pembina Karang Taruna Kecamatan Mandau meninjau kegiatan pelatihan pengelasan (Juru Las) yang bertempat di Sekretariat Karang Taruna, Jalan Desa Harapan, Duri, Sabtu (18/06/2022) siang.

Sebanyak 22 calon tenaga kerja yang mewakili 9 Kelurahan dan 2 Desa di Kecamatan Mandau mengikuti pelatihan dengan instruktur dari Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng). Pelatihan pengelasan ini merupakan hasil kerjasama Karang Taruna Mandau dengan Polbeng Bengkalis dan PT Pertamina Hulu Rokan (PT PHR).

Camat Mandau Riki Rihardi mengapresiasi diselenggarakannya pelatihan tersebut. Karena, pelatihan itu penting dalam memberi modal bagi peserta dalam dunia kerja maupun usaha mandiri. Dan keahlian las juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena ada sertifikasinya.
“Oleh karena itu, melalui pelatihan ini, kami berharap kepada seluruh peserta, agar kiranya dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat mengembangkan potensi diri dan mampu meningkatkan kesejahteraan hidup, terutama dalam mengembangkan Kabupaten Bengkalis khususnya Kecamatan Mandau, yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera (Bermasa),” ujarnya.

Sebagai informasi, Program Pelatihan Pengelasan ini adalah program pelatihan yang mempelajari tentang unit Melakukan komunikasi timbal balik, Mengidentifikasi prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Mengukur dengan alat ukur mekanik dasar, Membaca sketsa dan gambar kerja sederhana, penggunaan peralatan dan mesin-mesin Ringan. Kemudian Melaksanakan pemotongan secara mekanik, Melaksanakan rutinitas (dasar) pengelasan, membuat laporan dan Melakukan perhitungan dasar teknik.

Program Pelatihan Pengelasan dilaksanakan 15-25 Juni 2022. Peserta program pelatihan ini nantinya agar menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berkualitas atau dapat bekerja sebagai Juru Las di dalam dunia industri.

Turut hadir dalam peninjauan pelatihan pengelasan, Sekcam Mandau Yoan Dema dan Lurah Pematang Pudu Rio Sentosa. ** (Red/Brt)
Baca Juga