-->
Type Here to Get Search Results !

Tahun Ini Event Bakar Tongkang Rohil Tidak Digelar, Ini Penjelasannya

ROHIL (AktualBersuara.Com) - Event internasional Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Rokan Hilir [Rohil] tidak akan digelar pada tahun 2022.

Sebagai catatan selama 2 tahun belakangan ritual Bakar Tongkang yang menjadi tradisi umat Tionghoa tidak bisa terselenggara akibat adanya pandemi Covid-19. Event ini terakhir dilaksanakan pada tahun 2019 lalu.

Dengan demikian, selama 3 tahun berturut-turut event yang banyak mencuri perhatian wisatawan mancanegara itu tidak terlaksana.

“Tahun ini dari pihak panitia penyelenggara sudah melaporkan kepada kami, kalau kegiatan pariwisata Bakar Tongkang tidak mereka laksanakan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Roni Rakhmat, Minggu (12/06/2022).

Adapun alasan paling utama mengapa event tersebut tidak diselenggarakan pada tahun ini waktu tersisa untuk persiapan penyelenggaraan Bakar Tongkang terlalu singkat. Sehingga tidak memungkinkan, jikapun harus dipaksakan.

“Biasanya, persiapan panitia itu dilakukan sejak jauh-jauh hari, karena mereka harus berkomunikasi dengan para donatur dari luar. Karena keterbatasan waktu dan minimnya persiapan, maka tahun ini event bakar tongkang ditiadakan,” terangnya.

Dia menyebut, jika merujuk sesuai jadwal, tradisi Bakar Tongkang akan digelar pada Senin besok, 13 Juni 2022. Meski demikian, Kota Bagansiapiapi akan tetap dihiasi dengan ratusan bahkan ribuan lampion merah.

Sedangkan ritual-ritual keagamaan tetap akan digelar secara sederhana oleh komunitas Tionghoa di sana dengan melibatkan warga Tionghoa yang berdomisili di daerah setempat. (Red/Brt)
Baca Juga