Type Here to Get Search Results !

Satgas TMMD bersama Warga Sako Jaya kompak Tanam Kayu Cerocok Perkokoh Box Culvert

PINGGIR (AktualBersuara.Com) - Secara umum giat pengecoran Box Culvert di jalan Acehan, Dusun 4 Sako Jaya, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Bengkalis, Riau sudah selesai. Saat ini, pekerjaan difokuskan untuk memoles permukaan bangunan menggunakan acian semen, Sabtu (04/06/22).

Sembari dipoles, beberapa warga sekitar tampak membantu tim Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Kodim 0303 Bengkalis menancapkan kayu-kayi Cerocok pada permukaan tanah yqng menjadi pundakan Box Culvert.

Sebelum kayu cerocok ditancapkan, Satgas dibantu warga lebih dahulu menggali tanah untuk kemudian diangkut guna menimbun sisi persinggungan jalan Acehan yang kini membentang box culvert nan kokoh. Pundak perlintasan dipadatkan mengingat bagunan tersebut sengaja dirancang lebih tinggi agar tak tergenang saat banjir.

“Karena box culvertnya sudah tinggi, maka kita padatkan pundaknya pakai tanah. Jadi nanti bisa dilintasi dengan baik karena badan jalan telah melandai. Kita kerja sama untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan ini,” kata Sugino, Ketua RT.04 RW.09 Dusun Sako Jaya.

Sugino menerangkan, fasilitas pengontrol debit air berukuran 1,5 × 1,5 × 5 Meter yang dikerjakan sempena program TMMD ke-113 oleh Satgas Kodim 0303 Bengkalis itu sangat besar manfaatnya bagi masyarakat dan kini tengah diperkuat dengan pemasangan kayu cerocok.

“Kayu-kayu cerocok kita tanam untuk memperkuat pundakan tanah Box Culvert. Setelah padat, akan dipasang mal dan wiremesh karena nantinya pundakan Box Culvert akan dibeton juga,” ujarnya.
Bila membahas manfaat, kata Sugino, selain ampuh menangkal banjir, box culvert yang dibangun juga turut mendongkrak laju perekonomian warga sekitar tanpa perlu takut lagi dengan ancaman banjir atau luapan air lainnya dikala hujan lebat mengguyur.

“Sebelumnya sangat susah jual hasil panen karet dan sawit kalau kampung ini selesai diguyur hujan lebat, karena jalan Acehan ini pasti terendam. Tapi sekarang, box culvert buat kami lega. Pelangsiran hasil panen tak perlu lagi terbentur banjir. Sudah lebih lancar, tentu ekonomi kami akan lebih stabil kedepannya,” ujar Sugino.

Hal yang sama diutarakan Kades Muara Basung, Akhyar Mukmin. Dia mengatakan aset yang dibuat dengan sinergitas atau kemanunggalan TNI dengan Rakyat ini jelas berdampak nyata bagi warga.

Hal yang paling terasa, kata Akhyar, anak-anak Sekolah tak perlu bolos lagi dengan alasan banjir. Sebab, box culvert yang dibangun dirasa telah menjadi jawaban ampuh terkait polemik tersebut.

“Memang sebelumnya, selesai hujan jalan Acehan pasti banjir. Dan kalau banjir, anak-anak sekolah pasti libur dadakan, karena takut mengarungi luapan air. Nah, sekarang hal itu tak lagi jadi masalah. Sudah ada box culvert, jadi dipastikan anak-anak sekolahan akan lebih mudah melintas,” ungkap Akhyar.

Akan ragam manfaat yang dirasa, Akhyar mengucap terima kasih kepada Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD ke-113, Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto dan jajaran. Dedikasi yang tonjolkan lewat program TMMD dirasa sangat bermanfaat luas dan nyata membantu masyarakat, terutama dalam mengakses perlintasan dan bidang ekonomi lewat kemudahan melangsir hasil panen.

“Terima kasih, dedikasi yang ditorehkan sangat bermakna bagi kami, masyarakat Muara Basung. Kami senang, bahagia dan merasa bahwa TNI benar-benar ada untuk rakyat dan mendedikasikan pengabdian sepenuhnya bagi masyarakat. TNI Hebat, Desa Kuat, Bengkalis BERMASA,” kata Kades Muara Basung ini. ** (Red/Brt)
Baca Juga

Below Post Ad