-->
Type Here to Get Search Results !

Pembangunan Box Culvert di Jalan Acehan, Kapten Jemirianto: Kekuatan Satgas Dibantu Puluhan Warga

PINGGIR (AktualBersuara.Com) - Dibantu sekira 25 orang warga Dusun IV Sako Jaya, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-113 Kodim 0303/Bengkalis mulai mencor pundakan landai Box Culvert di jalan Acehan, Minggu (05/06/22).

Pengecoran pundak landai dilakukan untuk melevelkan badan box culvert dengan permukaan jalan Acehan. Penuh semangat, material beton cor diaduk rata oleh warga dan Satgas TMMD. Meski tengah libur, semangat warga tak kendor menyelesaikan pembangunan fasilitas pengontrol debit air itu.

“Hari ini kita fokus cor pundak landai box culvert jalan Acehan, pengecoran dilakukan untuk melandaikan permukaan box culvert dan jalan Acehan, jadi elevasinya lebih landai untuk bisa dilalui masyarakat,” kata Dandim 0303/Bengkalis, Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto, selaku Dansatgas TMMD ke-113 sebagaimana diwakilkan Danramil 03/Mandau, Kapten (Arh) Jemirianto.

Kekuatan Satgas TMMD dibantu puluhan warga sekitar turut mempercepat progres pengecoran pundakan box culvert jalan Acehan. Sistem kerja sama atau gotong royong turut semarak atas kehadiran para perangkat RT/RW sekitar, salah satunya Sugino, ketua RT.04 RW.09 Dusun IV Sako Jaya.

Menurut Sugino, kerja sama yang baik dan kompak akan memudahkan setiap pekerjaan. Biar bagaimanapun, kata Sugino, box culvert itu bakal menjadi aset daerah dan masyarakat yang bermukim di sekitarnya.

“(Box Culvert) Ini kan jadi aset masyarakat juga, manfaatnya sangat jelas memudahkan lalu lintas kita. Jadi kita gotong royong agar cepat selesai. Kalau hanya Bapak Tentara yang kerja, butuh waktu lama. Makanya kita bantu, kebetulam warga saya juga bersedia membantu,” ungkap Sugino.

Benar saja, giat pengecoran yang dilakukan sangat efektif dan efisien waktu. Tak sampai 1 jam, sebagian besar pundakan box culvert telah dihujani material beton. Tak lupa, Satgas dan warga memasang wiremesh sebagai rangka penguat struktur pundakan box culvert agar lebih mumpuni digunakan jangka panjang.

“Selain kualitas material yang kita perhatikan, struktur yang kita cor juga dipasangi wiremesh agar lebih kokoh. Kita perkirakan, sore ini pundakan box culvert acehan rampung dicor,” ungkap Kapten Jemi, sembari ikut membantu melangsir semen cor di titik sasaran 4 ini. ** (Red/Brt)
Baca Juga