-->
Type Here to Get Search Results !

Pelatihan Penyelenggara Jenazah Digelar di Kecamatan Mandau, Camat Beri Apresiasi

MANDAU (AktualBersuara.Com) - Pada hari ini, Kamis (16/06/2022), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis mengadakan pelatihan penyelenggara jenazah bagi kaum wanita.

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan di Gedung LAMR Kecamatan Mandau. 

Merawat jenazah merupakan fardhu kifayah bagi umat muslim. Dengan hukum ini, sekiranya ada orang muslim meninggal dan sudah ada yang merawat jenazahnya, maka gugurlah kewajiban umat muslim yang lain.

Umumnya, merawat jenazah hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbiasa. Ada banyak faktor yang mempengaruhi orang-orang untuk tidak terlibat mengurus jenazah, di antaranya karena kurang tahu caranya, takut atau memiliki trauma terhadap fenomena kematian.

Melihat hal tersebut Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan melakukan pelatihan dengan narasumber dari Yayasan Husnul Bidayah, dalam kegiatan pelatihan pengurusan jenazah tersebut diikuti sekitar 90 kaum wanita Kecamatan Mandau. 

Dalam kegiatan ini Camat Mandau Riki Rihardi diwakili Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Muhammad Faizal, S.Sos sangat mengapresiasi atas pelatihan hari ini karena ini ialah salah satu dari program BERMASA Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni yaitu pemberdayaan bagi kaum perempuan untuk dapat berdayaguna, serta menyampaikan perlunya regenerasi dan pelatihan tata cara mengurus jenazah merupakan kebutuhan pokok yang harus dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Mandau. 

“Sekarang ini ilmu mengurus jenazah menjadi salah satu hal yang sering terabaikan. Padahal ilmu tersebut sangat penting untuk diketahui oleh seorang muslim tatkala ada yang meninggal dunia. Pengurusan jenazah tidaklah sederhana, melainkan cukup kompleks yang meliputi proses memandikan, mengkafani, menshalati, mengantarkan hingga menguburkannya maka dari itu marilah kita benar-benar untuk meresapi ilmu yang akan disampaikan narasumber," ungkap Kasi PMD Muhammad Faizal, S.Sos. 

Selanjutnya sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis yang diwakili oleh Kepala Bidang Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan Hj. Yusnani, SH, MP, serta membuka secara resmi kegiatan pelatihan penyelenggara jenazah. 

"Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bagi peserta, selain untuk memudahkan dalam mempelajari dan mempraktikan pelaksanaan penyelenggara jenazah, hal terpenting setelah pelatihan adalah praktek nyata para peserta, semoga ilmu nya dapat kita resapi bersama", ujar Kepala Bidang Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan Hj. Yusnani, SH, MP. ** (Red/Brt)
Baca Juga