-->
Type Here to Get Search Results !

Meski Karhutla Aman, BPBD Riau Tetap Siagakan Heli dan Pesawat untuk Water Boombing

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edy Afrizal mengatakan, saat ini Riau kembali mendapat tambahan 1 helikopter jenis Super Puma dari BNPB.

“Saat ini heli kita yang standby ada 2 dari 8 heli yang dipersiapkan oleh BNPB untuk kita,” katanya, Senin (27/06/2022).

Dia mengatakan sejauh ini Pemprov Riau belum ada meminta penambahan bantuan helikopter, mengingat situasi Karhutla sejauh ini masih aman. 

Sedangkan untuk penanganan sejumlah lahan terbakar sebelumnya sudah berhasil dikendalikan. Hal itu seiring dengan ditariknya seluruh personel dari lapangan.

“Meski demikian, petugas kita tetap standby, dan kegiatan patroli tetap dilakukan. Jika nanti ada laporan atau ada terpantau titik api melalui dasbor Lancang Kuning, kami siap untuk turun,” terangnya.

Selain itu, dalam upaya penanganan Karhutla, saat ini Riau juga dibantu dengan 1 unit pesawat karapan untuk patroli, dan 1 helikopter bantuan dari KLHK. 

“Keduanya dipakai untuk patroli dan bisa juga untuk water bombing. Jadi sekarang kita ada 3 heli dan 1 pesawat,” kata Edy. (Red/Pas)
Baca Juga