-->
Type Here to Get Search Results !

Cocok Buat Spot Foto, Ini 5 Destinasi Wisata Gratis di kota Pekanbaru

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Di kota Pekanbaru memiliki sejumlah destinasi wisata tanpa bayar alias gratis. Lokasinya berada di pusat kota. Sangat cocok untuk rekomendasi rekreasi keluarga ketika mengisi waktu luang pada momen libur akhir pekan ini. 

Lima destinasi wisata gratis yang bisa disambangi yaitu, Rumah Singgah Sultan Siak, Ruang Terbuka Hijau (RTH), RTH Putri Kaca Mayang, RTH Tunjuk Ajar Integritas, Kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji, dan Hutan Kota. 

Di lokasi lima destinasi tersebut, pengunjung yang datang tidak dipungut biaya tiket masuk. Namun, hanya dikenakan biaya parkir saja. Untuk kendaraan bermotor jenis roda dua tarifnya Rp1.000 dan kendaraan jenis roda empat Rp2.000.

RTH Putri Kaca Mayang Pekanbaru
Warga Pekanbaru, Edytha Pretty Pratiwi (36) mengaku senang dengan adanya destinasi gratis di pusat kota tersebut. Menurutnya tempat itu representatif untuk tempat rekreasi keluarga. 

"Tempatnya cukup representatif untuk mengisi waktu libur bersama keluarga. Tanpa biaya tiket masuk, hanya membayar biaya parkir saja. Kalau ada waktu senggang kami sekeluarga suka datang ke RTH Kaca Mayang atau RTH Tunjuk Ajar Integritas," kata Edytha, Sabtu (18/06/2022). 

Edytha mengaku, keberadaan lima destinasi itu tak lepas dari peran pemerintah setempat, yang telah membangun dan mengelola kawasan tersebut sehingga bisa dinikmati masyarakat. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan fasilitas publik ini. Saya harap dapat terus dijaga keamanannya dan dilakukan perawatan rutin. Sehingga bisa menjadi destinasi alternatif warga Pekanbaru," tandas Edytha, perempuan yang telah memiliki dua buah hati. 

Berikut daftar 5 destinasi wisata gratis di Kota Pekanbaru:

1. Rumah Singgah Sultan Siak.

Rumah Singgah Sultan atau yang lebih dikenal rumah mertua Tuan Kadhi adalah situs cagar budaya. Berkaitan dengan sejarah Kota Pekanbaru dan Kerajaan Siak Sri Indrapura. 

Lokasi Rumah Singgah Sultan di Jalan Perdagangan, Kampung Bandar Senapelan. Berada di bawah Jembatan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah atau Jembatan Siak 3. 

Dulunya kawasan Rumah Singgah Tuan Kadi ini merupakan sebuah kampung di tepi Sungai Siak yang bernama Senapelan. Inilah kampung cikal bakal Kota Pekanbaru sebelum bertransformasi menjadi Kota Metropolitan seperti sekarang ini.

2. Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang.

Lokasi destinasi ini tepat berada di samping Premiere Hotel Pekanbaru dan bersebelahan dengan tugu air mancur ikan selais, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. 

Di RTH ini sudah memiliki amenitas lengkap. Seperti toilet, fasiltas bermain anak-anak hingga dewasa, perpustakaan mini, dan fasilitas teater terbuka. 

Meski fasilitas ini gratis untuk pengunjung, namun orang yang datang wajib mengikuti aturan yang telah tetapkan pemerintah setempat, yakni ikut menjaga ketertiban, keamanan, dan kebersihan lingkungan. 

Putri Kaca Mayang salah satu tempat favorit masyarakat Kota Pekanbaru untuk bersantai di tengah kota. Luas kawasan RTH ini mencapai 1 hektare.

Pengunjung juga bisa datang ke RTH ini melalui Jalan Sumatera. Sore dan malam hari adalah waktu yang pas jika anda ingin bersanti menikmati suasana RTH ini.

3. RTH Tunjuk Ajar Integritas.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Integritas terletak di Jalan Ahmad Yani Kota Pekanbaru. Tepat berada di sebrang rumah dinas Wali Kota Pekanbaru.

Destinasi ini merupakan satu di antara RTH favorit yang sering dikunjungi oleh masyarakat Kota Pekanbaru untuk bersantai. Berbagai fasilitas juga tersedia di RTH ini, mulai dari area teater, tempat bermain anak, toilet dan beberapa lainnya.

RTH ini juga menjadi satu di antara tempat wisata gratis. Sejumlah orangtua kerap membawa buah hati mereka untuk bermain di kawasan ini. 

4. Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai). 

Kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) terletak di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru. Warga setempat juga menyebut destinasi ini dengan nama Purna MTQ. 

Lokasi ini juga kerap menjadi tempat untuk berkumpul komunitas-komunitas yang ada di Kota Pekanbaru atau di Provinsi Riau.

Di kawasan Bandar Serai juga terdapat anjungan rumah adat, seperti Anjungan Kabupaten Pelalawan, Anjungan Indragiri Hilir, Anjungan Kabupaten Kampar, Anjungan Kabupaten Indragiri Hulu, dan Anjungan Rokan Hilir.

Selain itu, di kawasan tersebut juga ada gedung megah berarsitektur melayu, yaitu Anjungan Seni Idrus Tintin. 

Sesuai dengan peruntukanya, Anjungan Seni Idrus Tintin adalah tempat berbagai kesenian ditampilkan. Mulai dari pertunjukan musik, tari, teater dan berbagai pagelaran serta pertunjukan lainnya. 

Di kawasan Bandar Serai, pengunjung yang datang tanpa dibebankan biaya tiket masuk dan bebas kutipan uang parkir. 

5. Hutan Kota.

Destinasi wisata ini lokasinya berada di Jalan Thamrin, bersebelahan dengan komplek rumah dinas Gubernur Riau. 

Hutan Kota ini menyajikan suasana rimbun pepohonan. Sehingga di waktu pagi hari, udara segar bisa dinikmati di tempat ini. 

Sejumlah komunitas joging di Kota Pekanbaru memanfaatkan fasilitas Hutan Kota untuk aktifitas olahraga sekaligus ajang silaturahmi. 

Demikian 5 rekomendasi destinasi wisata gratis untuk berekreasi bersama keluarga atau kerabat di pusat Kota Pekanbaru. Di masa pandemi Covid-19, pemerintah daerah setempat juga memberlakukan penerapan protokol kesehatan yang telah diatur dalam peraturan Satgas Covid-19. (Red/Pas)
Baca Juga