-->
Type Here to Get Search Results !

Catat! Kemenag Rilis WhatsApp Center Haji 1443 Hijriah, Ada Apa-apa Lapor ke Sini

JAKARTA (AktualBersuara.Com) - Kementerian Agama (Kemenag) merilis WhatsApp Center atau nomor telepon khusus yang bisa menjadi saluran komunikasi jamaah dengan masyarakat terkait penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo mengatakan bahwa dibukanya whatsapp center haji ini untuk memudahkan informasi jamaah dan masyarakat. 

“Untuk memudahkan jamaah dan masyarakat dalam meng-update informasi, sekaligus mendekatkan layanan kepada mereka, kami telah menyiapkan WA Center di nomor +966 503500017,” ujar Wibowo Prasetyo saat memberikan keterangan pers penyelenggaraan haji 1443 Hijriah/2022 Masehi di Jakarta, Rabu (08/06/2022). 

Wibowo berharap whatsapp center haji ini dapat menjadi media komunikasi antara jamaah dengan petugas bila ada kebutuhan layanan. Begitu juga bagi orang lain saat mengetahui keberadaan jamaah yang membutuhkan layanan.

“Kami akan standby 24 jam selama musim haji,” kata dia.

Menurutnya, nomor whatsapp center ini juga sudah tercatat di setiap hotel yang ditempati jamaah calon haji Indonesia. Kemenag juga sudah membuatnya dalam bentuk stiker dan spanduk yang ditempel di hotel jamaah Indonesia dan bus shalawat.

“Kami berharap ini bisa diketahui jamaah, sehingga dapat dimanfaatkan mereka bila membutuhkan layanan,” kata dia.

Di sisi lain, Kemenag telah menyiapkan pusat penanganan krisis dalam penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M. 

Salah satu tugas organ ini adalah memantau dan merespons setiap informasi yang disampaikan jamaah atau masyarakat agar bisa segera ditindaklanjuti dengan baik.

“Informasi dari jamaah, nantinya akan segera diproses dan didistribusikan kepada para penanggung jawab layanan untuk segera ditindaklanjuti. Proses penyelesaian masalah juga akan dipantau untuk memastikan jamaah terlayani dengan baik,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto mengingatkan kepada jamaah calon haji untuk tetap menaati protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi, maka jamaah calon haji, baik yang sudah berada si Tanah Suci maupun yang masih di Tanah Air, menunggu jadwal keberangkatan diharapkan senantiasa taat protokol kesehatan,” katanya.

Dokter Agus Dwi Susanto menjelaskan jamaah calon haji perlu tetap menggunakan masker dan mencuci tangan secara teratur.

Dia juga mengingatkan pentingnya menjaga pola makan dan pola tidur yang cukup guna menjaga kondisi fisik selama melakukan rangkaian ibadah di Tanah Suci. (Red/Pas)
Baca Juga