Type Here to Get Search Results !

Tanamkan Jiwa NKRI, Satgas TMMD Beri Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Siak Kecil

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-113 Kodim 0303 Bengkalis, Resor Militer (Korem) 031 Wira Bima melaksanakan penyuluhan terkait Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Aula Kantor Kecamatan Siak Kecil, Bengkalis, Riau, Kamis (19/05/22).

Dalam kegiatan itu, Camat Siak Kecil, diwakili Kepala Seksi Tata Pemerintahan (Kasi Tapem) Ade Syafrizal berkesempatan memberi kata sambutan sekaligus membuka jalannya penyuluhan sempena pelaksanaan kegiatan Non-fisik TMMD Kodim 0303 Bengkalis.

“Sesungguhnya masyarakat, terutama kawula muda sangat membutuhkan penyuluhan preventif untuk membangkitkan wawasan terkait berbangsa dan bernegara, serta pula perlu dibangkitkan semangat mudanya dalam koridor Bela Negara,” kata Ade membuka penyuluhan.

Pasca dibuka oleh Kasi Tapem Siak Kecil, Danramil 05/Bukit Batu, Kapten (Inf) Muhdoyo Sancoko segera memaparkan materi nan luas akan pentingnya mengamalkan wawasan kebangsaan guna meredam potensi perpecahan (diduga) akibat perebakan paham radikal.

“Setiap orang dalam lingkungan bermasyarakat wajib memahami konsep berbangsa dan bernegara, hal ini sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya perpecahan di tengah masyarakat,” kata Kapten Muhdoyo.

“Terutama kawula muda, kesadaran diri akan cinta Tanah Air wajib dibumikan meluas agar prinsip bela negara yang sesungguhnya dapat menghasilkan harmonisasi berupa kenyamanan dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat. Bila pemahaman terkait wawasan kebangsaan dan bela negara mumpuni dikecap, maka potensi perpecahan dan perebakan paham radikal dapat dicegah maksimal,” imbaunya.

Dalam kesempatan itu, Sersan Satu (Sertu) Rudi dan Sertu Pasaribu turut memaparkan materi terkait bela negara, pun diikuti materi wawasan kebangsaan yang lebih terfokus yang disampaikan oleh Kapolsek Siak Kecil diwakili Bripka Rodimansyah.

Pada kesempatan itu, turut hadir Kepala Kesbangpol Kabupaten Bengkalis diwakili oleh Kabid Wasbangnas, Busyairil, sekira 80-an peserta yang berasal dari kalangan masyarakat Kecamatan Siak Kecil, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat, serta pelajar dari berbagai latar belakang Sekolah. Acara berlangsung tertib dan berlandas ketat Protokol Kesehatan (Prokes) COVID-19. ** (Red/Brt)
Baca Juga

Below Post Ad