-->
Type Here to Get Search Results !

Mikha Marbun Lawan Asam Urat dan Asam Lambung dengan JKN-KIS

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Mikha Marbun (30), seorang bapak yang telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. Mikha bercerita pada awal mulanya ia merasakan nyeri dan tiba-tiba mengalami pembengkakan di telapak kakinya. Tidak menunggu lama ia kemudian memeriksakan kakinya dengan menggunakan Kartu JKN-KIS.

“Saya datang ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang tertera di kartu KIS, kemudian menunjukkan kartu tersebut kepada perawat Setelah diperiksa dokter, saya didiagnosa menderita penyakit asam urat dan asam lambung. Setelah pemeriksaan selesai, saya diberi resep dan mendapatkan obat. Saya juga diinformasikan aturan mengonsumsi obat tersebut dengan sangat jelas. Satu hal lagi, tidak ada biaya yang saya keluarkan selama pengobatan," ucap , warga Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (30/05/22).

Asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat mengkomsumsi zat purin secara berlebihan. Purin merupakan zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Gejala asam urat yang umum terjadi diantaranya merasakan nyeri pada sendi, pembengkakkan pada sendi, dan kemerahan pada kulit di sekitar area sendi.

 “Saya merasa nyaman saat berobat di Balai Pengobatan. Dokter dan perawatnya sangat ramah kepada kami peserta JKN-KIS dan tidak membeda-bedakan dengan pasien umum. Kartu KIS ini juga bisa digunakan setiap saat dan kapan saja ketika kita benar-benar memerlukan pengobatan selama kartu kita aktif karena membayar iuran tepat waktu,” ujar Mikha.

Mengakhiri pembicaraan, Mikha mengucapkan terimakasih kepada BPJS Kesehatan dan berharap Program JKN-KIS terus berkelanjutan.

“Masyarakat jangan ragu untuk segera mendaftar, dan jangan menunggu sakit kemudian baru mendaftar. Dengan menjadi peserta JKN-KIS kita akan tenang karena sudah terlindungi jaminan kesehatan untuk kita dan keluarga ketika sewaktu-waktu sakit. Program JKN-KIS ini sangat membantu, terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah seperti saya,” ucap Mikha. ** (Red/Brt)
Baca Juga