-->
Type Here to Get Search Results !

Mati Mengenaskan, Gajah Betina Ini Ternyata Dalam Kondisi Mengandung

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Seekor Gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) berjenis kelamin betina ditemukan mati di kawasan hutan akasia KM 48, Dusun Kayu Api, Desa Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau, Bengkalis, pada Rabu (25/05/2022).

Gajah tersebut ditemukan dengan kondisi yang mengenaskan. Satwa berbadan bongsor itu pertama kali ditemukan oleh pekerja kebun.

Ternyata, gajah betina tersebut sedang mengandung dan akan segera melahirkan.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Fifin Arfiana Jagosara mengatakan bahwa dunia konservasi kembali berduka.

"Gajah itu ditemukan mati di areal lahan konsesi PT. Riau Abadi Lestari yang berbatasan dengan perkebunan sawit masyarakat di Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau, Bengkalis," kata Fifin, dalam keterangan resminya, Kamis (26/05/2022).

Kejadian tersebut, kata dia, berawal pada Rabu 25 Mei 2022, sekira pukul 12.12 WIB saat seorang karyawan konsesi menemukan seekor Gajah Sumatera dengan posisi tertidur di tengah jalan.

Kemudian yang bersangkutan melapor ke tim gabungan Balai Besar KSDA Riau dan Rimba Satwa Foundation (RSF) yang saat itu sedang melakukan patroli.

Kemudian tim gabungan beserta Polsek Pinggir dengan dibantu pihak konsesi mengamankan lokasi sambil menunggu Tim medis datang untuk melakukan nekropsi. 

"Nekropsi dilakukan Tim medis Balai Besar KSDA Riau dengan didampingi dokter hewan dari Dinas Kesehatan Hewan Bengkalis," ujarnya.

Fifin menyebut, penyebab kematian Gajah Sumatera belum dapat dipastikan, akan tetapi dari mulut dan anusnya keluar darah. 

"Diperkirakan Gajah betina tersebut berumur sekitar 25 tahun. Sangat menyedihkan, saat dilakukan nekropsi diketahui bahwa Gajah dalam kondisi mengandung dan akan segera melahirkan anaknya," ungkap Fifin.

Dia bilang, tim juga mengambil sampel hati, dinding usus, paru, dan kotoran Gajah untuk dilakukan uji laboratorium. 

Sampel tersebut akan segera dikirim ke Balai Verteriner, Bukit Tinggi, Sumatera Barat untuk mengetahui penyebab kematian satwa dimaksud.

"Dengan bantuan alat berat pihak konsesi, tim menguburkan bangkai Gajah di lokasi. Semoga segera dapat terungkap penyebab kematian Gajah Sumatera dan kejadian serupa tidak akan terulang kembali," pungkasnya. (Red/Pas)
Baca Juga