-->
Type Here to Get Search Results !

Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan Sambangi Destinasi Wisata di Riau

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Libur lebaran di Riau menjadi momen bagi masyarakat untuk berekreasi bersama keluarga. Sejumlah destinasi di daerah dengan slogan pariwisata "Riau The Homeland of Melayu" itu, dikunjungi ribuan wisatawan. 

Selama dua tahun terakhir ini pandemi COVID-19 telah melumpuhkan sektor pariwisata di seluruh Indonesia termasuk di Riau. Namun, pada tahun 2022 ini jumlah kasus COVID-19 cenderung melandai turun.

Seiring kondisi itu, pemerintah telah memberi kelonggaran kepada pelaku industri pariwisata. Sehingga aktivitas pariwisata bisa dibuka kembali untuk menerima kunjungan wisatawan. 

Kendati demikian, aktivitas wisata tetap harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi lonjakan kasus COVID-19 paska libur lebaran. 

Tidaklah mengherankan jika pada masa libur lebaran tahun 1443 H/2022 ini, sejumlah destinasi wisata di Provinsi Riau diserbu wisatawan lokal. 

"Kondisi destinasi wisata di Provinsi Riau, seperti di Siak, Kampar, Inhil, Kuansing, dan lainnya dilaporkan sangat padat, namun terkendali," ungkap Kadis Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Kamis (05/05/2022). 

Roni menjelaskan, berdasarkan laporan dari Dinas Pariwisata di kabupaten dan kota, untuk jumlah wisatawan di Kabupaten Kampar pada tanggal 4 Mei 2022 mencapai 9.300 orang. 

Roni merinci, bahwa di objek wisata alam Ulu Kasok dan lembah Kasok Kampar, wisatawan datang mencapai 1.114 orang, Lembah Aman 400 orang, dan Puncak Kompe 800 orang. 

Kemudian, Fantasi Wisata 356 orang, Tepian Mahligai kiri 1.300 orang, Tepian Mahligai kanan 800 orang, dan Puncak Kawasan Kantin Tanjung Alai 4.500 orang. 

"Sementara, berdasarkan laporan yang kami terima, jumlah kunjungan wisatawan pada H+2 Idulfitri di Istana Siak [Kabupaten Siak] mencapai 4.013 orang dan H+3 6.300 orang. H+2 lebaran di Pantai Solop Kabupaten Indragiri Hilir jumlah pengunjung mencapai 5.000 lebih," ujar Roni Rakhmat. 

Di Kota Pekanbaru sendiri dari sejumlah informasi yang diterima, terlihat tempat-tempat rekreasi padat dikunjungi masyarakat.

Di Taman Rekreasi Alam Mayang jumlah pengunjung pada hari ketiga lebaran sebanyak 8.000 lebih. Puncak pengunjung diprediksi terjadi diakhir pekan nanti.

"Masyarakat sudah jenuh di rumah ingin melepas penat, menikmati liburan. Karena sudah lama tertunda akibat Covid-19," ucap seorang warga kota Pekanbaru yang mengaku bernama Beni ketika berwisata bersama keluarganya di Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru. 

Menggeliatnya sejumlah destinasi wisata diharapkan akan kembali membawa multiplier effect terhadap ekonomi masyarakat.

"Mudah-mudahan para pedagang yang ada di sekitar desnitasi mendapat manfaat. Dagangan mereka jadi laku," harap Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. 

Buka Penerbangan Internasional

Menyusul semakin berkurangnya kasus COVID-19 dan kembali dibukanya sejumlah destinasi wisata di Provinsi Riau, Gubri Syamsuar berharap agar Pemerintah Pusat segera membuka rute penerbangan internasional dari dan ke Riau.

"Penerbangan ini kan sangat besar pengaruhnya. Orang ingin langsung ke Riau tanpa perlu transit di Jakarta. Makanya kita berharap pemerintah kembali membuka rute internasional ini," kata Gubri seraya mengaku sudah sejak beberapa bulan yang lalu melayangkan surat permintaan kepada Menhub RI. (Red/Pas)
Baca Juga