-->
Type Here to Get Search Results !

Program JKN-KIS Mantap Dirasa Suparjih, Jamin Semua Biaya Pengobatannya

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Suparjih (54), warga Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, dikenal cukup aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial. 

Saat ini ia terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS dari segmen PBI APBD yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah.

Selain aktif pada kegiatan-kegiatan sosial yang ada di lingkungan tempat tinggalnya, Suparjih juga tergabung dalam Organisasi Sosial Tagana (Taruna Siaga Bencana) yang dinaungi Dinas Sosial Kota Dumai. 

Sudah banyak pengalamannya dalam memberikan bantuan atau penanganan bencana alam, baik itu yang terjadi di kota Dumai maupun di luar kota Dumai, bahkan di luar Propinsi Riau. Beberapa waktu lalu terjadi bencana gempa bumi di Sumatera Barat ia turun ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan kepada para korban.

Sebagai peserta PBI-APBD, Suparjih dan istrinya terdaftar di Puskesmas Dumai Kota sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamanya (FKTP).

”Saya memilih Puskesmas Dumai Kota sebagai FKTP saya karena tidak jauh dari rumah, paling kalau naik sepeda motor nggak sampai sepuluh menit,” jelas Suparjih, Rabu (20/04/22).

Tahun 2018 silam Suparjih sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai akibat malaria yang dideritanya. Saat ini ia sudah sembuh dan malarianya tidak pernah kambuh lagi.

“Hampir seminggu juga saya dirawat, untunglah ada kartu JKN-KIS ini sehingga biaya perawatan saya dijamin semua. Kalau nggak ada bagaimana saya harus mencari biayanya. Pokoknya Program JKN-KIS itu mantap lah, pelayanannya bagus dan tidak ada dibeda-bedakan. Yang paling penting program ini sangat membantu meringankan beban masyarakat,” jelas Suparjih.

Saat ditanya tentang Aplikasi Mobile JKN, Suparjih juga menjelaskan bahwa ia dan keluarga memanfaat aplikasi tersebut karena menurutnya dengan memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN lebih mempermudah dalam mengakses pelayanan.

“Ini terobosan yang baik dari BPJS Kesehatan, dengan adanya Aplikasi Mobile JKN ini makin mempermudah peserta dalam mengakses pelayanan, salah satu contohnya kalau kita mau berobat kita bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dari rumah melalui Aplikasi Mobile JKN tersebut sehingga kita terlalu lama mengantre, kemudian kita bisa juga chat sama dokter, bisa mengecek data kita dan banyak lagi menu-menu yang ada di Aplikasi Mobile JKN,” jelas Suparjih.

Terakhir, Suparjih menyampaikan agar Program JKN-KIS ini tetap dipertahankan karena sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. ** (Red/Brt)
Baca Juga