-->
Type Here to Get Search Results !

Kasus Stunting Dikabupaten Bengkalis Juga Masuk Dalam Program TMMD ke-113

PINGGIR (AktualBersuara.Com) - Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 031 Wira Bima, Letkol (Inf) Hipni M. F bahas pengentasan Stunting atau gejala (kesehatan) fisik berupa kekerdilan saat berkunjung ke Posko Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) di Dusun Sialang Muda, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Bengkalis, Kamis (28/04/2022) lalu.

Kepada Komandan Kodim 0303 Bengkalis, Letkol Inf Endik Yunia H, Kasiter Hipni meminta agar polemik kekerdilan atau Stunting dapat ditangani maksimal dengan melibatkan unsur pemerintahan, masyarakat dan tenaga medis.

“Terkait stunting, tolong juga ditangani selama TMMD berlangsung diwilayah ini. Karya bakti kita sebagai prajurit tak melulu tentang perang, pembangunan, tapi juga melingkup dunia kesehatan. Kita mau, kehadiran prajurit sempena TMMD diwilayah ini dapat mengentaskan atau minimal memberi edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan stunting,”ujar Letkol Hipni dengan Letkol Endik di Pos Komando TMMD.

Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik dalam hal ini ternyata telah memiliki taktik jitu. Ia bakal melibatkan personel Puskesmas Pembantu (Pustu) dan tenaga dari Dinas Kesehatan (Nakes) guna mengedukasi masyarakat terkait pencegahan Stunting dan mengajak masyarakat di sekitar wilayah sasaran TMMD untuk menjalani hidup sehat serta senantiasa memenuhi asupan nutrisi penting bagi tubuh, terutama anak-anak.

“Kita akan melibatkan nakes dari Pustu atau Dinkes untuk membantu menangani terkait Stunting maupun polemik penyakit lainnya. Juga ada penyuluhan kesehatan di tengah masyarakat. Petugas berkompeten dibantu prajurit Kodim 0303 Bengkalis kita hadirkan untuk memberi manfaat luas dibidang kesehatan. Jadi, warga sekitar tak perlu jauh ke kota untuk periksa kesehatan, semua akan kita layani sepanjang pelaksanaan TMMD,”ucap Dandim Bengkalis.

Menurut Dandim, guna memaksimalkan rencana tersebut jelang pembukaan TMMD pada Mei mendatang, pihaknya telah lebih dulu mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung serta akan mendatangkan ratusan prajurit untuk menunaikan baktinya ditengah masyarakat.

“Bisa kita layani pemeriksaan kesehatan di Posko atau dengan mendatangi warga ke rumah-rumah. Intinya, akan kita laksanakan dengan maksimal. Satgas TMMD ke 113 tahun 2022 ini akan bertugas dengan maksimal dalam melayani dan mengabdi demi masyarakat,” pungkasnya. ** (Red/Brt)
Baca Juga