Type Here to Get Search Results !

Merakyat dan Cinta Kearifan Lokal, Dandim Bengkalis Nyekar ke Makam Petuah Teladan di Pangkalan Batang

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Menyambut bulan suci Ramadhan 1443 hijriah tahun 2022, Komandan Kodim 0303/Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto gelar kegiatan donor darah dan sempatkan diri nyekar ke makam salah seoran petuah teladan terdahulu yang ada di pulau Bengkalis, tepatnya di Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis, Selasa (29/03/22).

Wujud sifat merakyat dan cinta kearifan lokal, ia meringankan langkah kaki dan pelesiran ke makam tersebut guna berziarah.

Sejenak, ia hening dengan tangan terbuka dan menengadah di depan dada.

Lantunan doa dipanjatkannya. Ia bersyukur, sebab perjuangan petuah tersebut di masa lalu sangat dihayati warga dan masyarakat sekitar. Letkol. Endik yang cinta akan sejarah ini kian hening dengan harapan nan teguh. Ia mendoakan kepada sang Khalik, agar setiap harapan dan proses pembangunan di Negeri Junjungan bisa terlaksana dengan baik, lancar dan membawa Bengkalis yang Bermasa.

Selain lantunan doa, Dandim Bengkalis ini juga berniat (segera) memperbaiki makam tersebut. 

“Kita sempatkan nyekar kesini (makam, red) guna menghargai kearifan lokal dan menghayati keteladanan petuah teladan ini pada masa lalu. Seraya itu, kita selalu berharap agar Allah selalu memberikan kelancaran dan dijauhkan dari segala sesuatu yang tidak diinginkan dalam proses pembangunan di Kabupaten Bengkalis,” harapnya.

“Kami dari Kodim 0303/Bengkalis juga berniat untuk memperbaiki makam Petuah terdahulu ini, kebetulan makam ini direncanakan (akan) dijadikan tempat wisata religi di Kabupaten Bengkalis. Oleh karenanya, akan segera dibenahi,” ucap Dandim lagi.

Dari pantauan media, prosesi nyekar di makam petuah terdahulu tersebut turut dihadiri Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal Isa, pimpinan Ponpes Madani Sungai Alam Kyai Suyendri, pimpinan Majelis Sholawat Desa Padekik, Kyai Hasan. Pimpinan Ponpes Al-Buldrah Desa Senggoro, Abah Fadli Inaitullah, Ketua GP Ansor Bengkalis, Wira Sugiarto serta jajaran Kodim Bengkalis.
Disambut antusias warga.

Disamping itu, ungkap Dandim lagi, kehadirannya di Desa pangkalan Batang kecamatan Bengkalis kala itu disambut sangat antusias oleh warga setempat.
Disana, Letkol Endik turut memberikan pemaparan arti penting Pancasila bagi masyarakat. Terlebih, Kabupaten Bengkalis telah memiliki Kampung Pancasila dengan berbagai keunikan Kebhinekaan di dalamnya.

“Alhamdulillah, sambutan masyarakat disana sangat luar biasa. Dan saya juga memberikan pemahaman apa itu arti Pancasila yang sebenar-benarnya,” pungkasnya. ** (Red/Brt)
Baca Juga

Below Post Ad