-->
Type Here to Get Search Results !

Manfaat yang Hebat, Hidup Tenang Ada JKN-KIS yang Setia Membantu

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Memasuki tahun kesemblian beroperasi, Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah memberikan begitu banyak dampak positif kepada masyarakat. 

Salah satu peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran Pemerintah Daerah (PBI APBD) bernama Ermita mengatakan bahwa dirinya mengaku sangat bersyukur menjadi peserta JKN-KIS. Ia dan keluarganya kini tidak terlalu khawatir akan biaya pengobatan.

"Saya tidak menyangka pemerintah sangat peduli dengan warganya yang kurang mampu. Apalagi saya mengalami sakit dan harus beberapa kali dirawat inap. Entah bagaimana cerita hidup saya kalau tidak ada JKN-KIS," ujarnya, Rabu (02/03/22).

Mita sendiri adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki empat orang anak, tiga anaknya sudah bekerja, satu di antaranya sudah berkeluarga serta satu orang masih duduk di bangku sekolah. Sebagai seorang ibu rumah tangga Mita hanya mengandalkan penghasilan suaminya yang berprofesi sebagai buruh bangunan untuk memenunuhi kebutuhannya sehari-hari.

“Ya gimana, namanya juga suami saya kerjanya sebagai buruh bangunan, kadang ada pekerjaan kadang nggak. Dari segi penghasilan juga hanya cukup untuk biaya sehari-hari dan sekolah anak, tapi walau bagaimanapun saya tetap menyukurinya, untunglah kami dapat kartu KIS dari pemerintah. Jika harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan saya sepertinya tidak sanggup. Saya bersyukur terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, biaya pengobatan saya semua ditanggung,” ujar Ermita.

Ermita juga menambahkan bahwa di sinilah peran pemerintah hadir untuk rakyatnya. Ia juga mengajak keluarga besarnya yang belum mendaftar untuk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS, karena memiliki jaminan kesehatan di saat kondisi seperti sekarang ini sangatlah penting. Bagi Ermita, JKN-KIS ini juga dikatakannya sebagai malaikat penolongnya karena di saat dirinya membutuhkan pelayanan kesehatan, ia cukup menunjukkan kartu JKN-KIS di fasilitas kesehatan.

 “Semoga program ini ke depannya selalu ada dan dapat membantu lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan,” harapnya. ** (Red/Brt)
Baca Juga