Type Here to Get Search Results !

Petugas Tol Pekanbaru-Dumai Halau Mobil Truk, Ini alasannya

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) PT Hutama Karya (HK) halau sejumlah mobil truk dan box yang ingin melewati Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai). Pasalnya, lampu mobil kendaraan besar tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Mobil truk dan Cold Diesel yang hendak melewati pintu tol Pekanbaru itu pun diminta putar balik. Sikap tegas petugas tersebut, untuk mendisplinkan pengendara serta guna menekan kasus kecelakaan di jalan bebas hambatan tersebut.

"Karena lampunya tak menyala, lalu petugas kita meminta putar balik. Ini aturan serta upaya kita menekan angka kecelakaan," kata Branch Manager PT HK, selaku pengelola Tol Permai, Indrayana, disela menerima kunjungan DPP Hikatama, pada acara kick off bulan tertib keselamatan berkendara, Jumat (05/02/22). 

Menurut Indrayana, sikap tegas petugas di lapangan tersebut, upaya pengawasan terhadap pengendara yang melewati jalan tol. Semua pintu masuk tol Permai terus disiagakan untuk menindak setiap ada pelanggaran termasuk truk Over Dimension Over Loading (ODOL).

"Begitu juga truk ODOL. Walau pun penerangannya lengkap, juga kita halau. Petugas tetap melakukan dengan cara persuasif dengan mengarahkan pengendara untuk memutar balikan kendaraannya," ungkap Indrayana.

Menurut Indrayana, terkadang ada pengendara yang disuruh putar balik menyatakan keberatannya. Diantara alasannya, karena baru mengetahui ada masalah pada lampu kendaraanya. 

Namun, petugas tidak mau mengambil resiko yang dapat merugikan dirinya mau pun pengendara lain. Sehingga, apa pun jenis kendaraan yang melewati tol Permai, wajib mematuhi aturan. 

"Ini kegiatan rutin. Setiap ada kendaraan tak sesuai aturan, kita suruh putar balik," ujar Indrayana lagi. ** (Red/Brt)
Baca Juga

Below Post Ad