-->
Type Here to Get Search Results !

Pasien Positif COVID-19 di Riau Terdeteksi Sebelum Melakukan Perjalanan

Fhoto: Juru Bicara Satgas COVID-19 Riau dr Surya Hajar.
PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Pasien Positif COVID-19 di Riau tercatat mengalami kenaikan yang cukup siginifikan. Terjadinya peningkatan kasus COVID-19 juga diakibatkan banyaknya masyarakat yang melakukan tes swab secara mandiri. Termasuk mereka yang akan melakukan perjalanan, dimana swab PCR dan antigen menjadi syaratnya.

"Dari jumlah penambahan pasien per hari Jumat, sekitar 25 persennya diketahui positif saat melakukan tes swab sebelum melakukan perjalanan. Terutama perjalanan menggunakan pesawat," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Riau dr Surya Hajar, Sabtu (19/02/2022).

Selain itu, pelaksanaan kontak tracing dari pasien positif sebelumnya juga menambah jumlah pasien positif. Karena itu, saat ini pihaknya terus melakukan kontak tracing untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Kontak tracing terus kami lakukan, karena memang saat ini penyebaran COVID-19 cukup cepat," sebutnya. 

Namun demikian, dr Surya belum bisa memastikan apakah peningkatan kasus ini ada kaitanya dengan virus varian omicron atau tidak. Namun dari sejumlah sampel yang Diperiksa memang ada banyak pasien Covid-19 di Riau yang dicurigai atau probable omicron.

"Kita curigai itu omicron, makannya untuk pasien yang bergejala itu dilakukan perawatan dan ada tempat isolasi terpadu untuk merawat pasien yang bergejala ringan, yang sedang dan berat bisa dirawat di rumah sakit," ‎ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan masyarakat yang belum mengikuti program vaksinasi agar segera melakukan vaksinasi. Karena vaksinasi bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap COVID-19.

"Karena rata-rata pasien positif COVID-19 yang dirawat dirumah sakit itu belum vaksin, ada juga yang sudah vaksin namun belum lengkap," katanya.

Sementara, Dinas Kesehatan Provinsi Riau melaporkan, kasus terkonfirmasi COVID-19 di Provinsi Riau, pada Sabtu (19/02/2022) bertambah 750 orang. 

Diskes Riau mencatat, 750 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 itu tersebar di 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dan berasal dari luar Provinsi. Di Pekanbaru 499, Kampar 55, Pelalawan 3, Indragiri Hulu 10, Indragiri Hilir 6, dan Dumai 12 kasus.

Kemudian, Kepulauan Meranti 3, Bengkalis 11, Siak 28 , Kuansing 16, Rokan Hilir 8, Rokan Hulu 4, dan Luar provinsi 86 kasus. 

"Jumlah spesimen yang kami periksa hari ini berjumlah 4.785 sampel dan 4.583 orang. Hasilnya diketahui 750 orang terkonfirmasi COVID-19," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Masrul Kasmy di Pekanbaru, Sabtu malam.

Sedangkan, pasien sembuh bertambah 181 orang dan kasus kematian karena COVID-19 tercatat bertambah 2 kasus.

Masrul mengimbau agar masyarakat di Provinsi Riau diimbau untuk memperketat protokol kesehatan (Prokes) untuk mengantisipasi penularan virus COVID-19. ** (Red/Brt)
Baca Juga