-->
Type Here to Get Search Results !

Terima Dana Bagi Hasil Perdana, Petani Koperasi BBDM dan PT SDA Ucapkan Terimakasih ke Bupati Bengkalis Kasmarni

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Penantian panjang dan perjuangan tanpa kenal lelah yang dilakukan oleh Pengurus Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Riau, yang diketuai H. Ismail akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan untuk 850 orang anggota petani plasma sawit, yang bermitra dengan PT. Surya Dumai Agrindo (SDA). 

Pasalnya pada tanggal 25 Januari 2022,  seluruh anggota petani plasma sebanyak 850 orang, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bengkalis Nomor: 358/Kpts/IX/2020 tentang penetapan petani plasma peserta program pembangunan kemitraan PT. SDA dengan Koperasi BBDM Kecamatan Bukit Batu, sudah menerima dana bagi hasil perdana, dari kebun plasma sawit yang masing - masing mendapatkan seluas 2 hektar. 

Demikian disampaikan Ketua Koperasi BBDM H. Ismail melalui Juru Bicara Sulaiman kepada sejumlah awak media, Kamis (27/01/22), menurutnya penantian panjang para petani plasma sawit sudah terjawab dan sudah terealisasi dengan baik. 

"Alhamdulillah, penantian panjang dan perjuangan yang kita lakukan bersama pengurus Koperasi BBDM yang diketuai Haji Ismail, sudah membuahkan hasil bagi anggota, mulai tanggal 25 Januari 2022 lalu, mereka sudah menerima hasil yang akan terus diterima setiap bulannya," ungkap Sulaiman. 

Dipaparkan Sulaiman pada tanggal 18 November 2021 lalu Koperasi BBDM bersama PT. SDA melakukan penandatanganan akad kredit atas pembiayaan kebun plasma sawit seluas lebih kurang 1.696 hektar bersama pihak Bank, selanjutnya pada tanggal 1 Desember 2021 dilakukan serah terima kebun KKPA dari PT SDA kepada Koperasi BBDM dengan ditandatangani kedua belah pihak. 

"Sehingga sejak tanggal 1 Desember 2021 lalu, kebun KKPA yang sebelumnya dikelola PT SDA, secara hak dan kewajiban sudah menjadi milik Koperasi BBDM dan seluruh anggota yang diketuai H. Ismail, oleh sebab Itu pada bulan Januari 2022 ini, seluruh anggota sudah mulai menerima dana bagi hasil," terang Sulaiman. 

Dikatakan Sulaiman, pihaknya bekerjasama berdasarkan dukungan dan SK dari Bupati Bengkalis terhadap keanggotaan koperasi. 

"Jadi mereka yang menolak kerjasama kemitraan ini, sama artinya melawan keputusan Pemkab Bengkalis," urainya. 

Lebih lanjut, dikatakan Sulaiman terhadap pihak - pihak yang terkesan ingin mengacaukan pola kemitraan antara Koperasi BBDM dengan PT. SDA ini, sesuai dengan keputusan pada pertemuan di Polres Bengkalis beberapa waktu lalu, dipersilakan untuk menempuh jalur hukum, melalui pengadilan negeri atau pengadilan tinggi. 

"Tentu mereka (pihak yang ingin mengkudeta Koperasi BBDM, Red) nantinya akan berhadapan dengan kita Koperasi BBDM dan seluruh anggota, Pemkab Bengkalis dan juga PT. SDA, selaku para pihak yang sudah menandatangani kerjasama," pungkasnya. 
Petani Plasma: Alhamdulillah Terimakasih Bupati Bengkalis, Koperasi BBDM dan PT SDA.

Salah seorang petani anggota Koperasi BBDM dari Desa Sejangat Amiruddin mengungkapkan rasa syukurnya atas terealisasinya dana bagi hasil yang pertama sudah diterimanya, dari kebun plasma sawit yang sudah bertahun - tahun dinanti oleh dirinya bersama 850 orang anggota koperasi. 

"Alhamdulillah, terimakasih Bupati Bengkalis, Pengurus Koperasi BBDM yang diketuai Haji Ismail dan PT SDA, dana bagi hasil ini sangat bermanfaat bagi kami untuk menopang ekonomi keluarga," sebut Amiruddin. 

Hal senada disampaikan Maryam HZ, anggota Koperasi BBDM dari Kelurahan Sungai Pakning, dengan diterimanya dana bagi hasil mulai bulan Januari 2022 hingga setiap bulan ke depannya, sangat membantu keperluan keluarganya. 

"Alhamdulillah, terimakasih Koperasi BBDM dan Pemkab Bengkalis yang telah memfasilitasi dan merealisasikan dana bagi hasil ini. Sangat bermanfaat terutama dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, maupun untuk menyekolahkan anak - anak kami," sambut Maryam. 

Sementara itu Kepala Desa Sejangat Rachmat Iwandi, SH menyambut gembira dimulainya pembagian dana bagi hasil kebun plasma sawit antara Koperasi BBDM dengan PT SDA. 

"Bulan Januari 2022 ini, menjadi momen bersejarah atas terealisasinya penantian panjang oleh ratusan anggota Koperasi BBDM, atas nama masyarakat petani kebun plasma, mulai dari Desa Batang Duku, Desa Sungai Selari, Kelurahan Sungai Pakning, Desa Pakning Asal dan Desa Pangkalan Jambi, kami mengapresiasi kinerja pengurus koperasi BBDM maupun Pemkab Bengkalis yang telah ikut memfasilitasi, semoga ke depan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat kita secara luas," tutur Rachmat Iwandi yang juga menjabat sebagai ketua pengawas Koperasi BBDM Kecamatan Bukit Batu ini. ** (Red/Brt)
Baca Juga