-->
Type Here to Get Search Results !

Tertimoni Penerima Manfaat, JKN-KIS Membuatnya Merasa Nyaman dan Aman Dalam Bekerja

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Parlindungan Aritonang (50), Lelaki paruh baya ini sehari-hari bekerja sebagai mandor Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Dumai. Kesehariannya ia akrab disapa Bang Tonang oleh rekan kerjanya dan juga dilingkungan tempat tinggalnya. Bang Tonang memiliki tiga buah hati yang sudah dewasa, ia sangat bersyukur dikarunia tiga orang anak dua diantaranya laki-laki dan satu perempuan. 

“Alhamdulillah Allah menitipkan saya tiga orang anak yang saat ini sudah dewasa, yang pertama laki-laki dan sudah bekerja sudah bisalah bantu-bantu belanja di rumah, yang kedua perempuan juga sudah bekerja dan sambil kuliah juga saat ini sedang sibuk menyusun skripsinya dan yang bungsu laki-laki masih SLTP,” terang Bang Tonang.

Bang Tonang beserta keluarganya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen PBI APBN. Ia bersyukur dengan adanya program JKN-KIS sangat membantu meringankan beban masyarakat terlebih pada masa Pandemi ini sangat berdampak pada kehidupan ekonomi.

Pada tahun 2016 silam Bang Tonang pernah dirawat di RSUD Dumai karena sakit asam lambung yang dideritanya. “Syukurlah ada kartu JKN-KIS ini kalau tidak saya bingung juga ke mana harus mencari biaya perawatan saya karena sempat lima hari juga saya dirawat,” jelas Bang Tonang seraya menunjukkan kartu JKN-KIS miliknya.

“Program JKN-KIS sangat membantu dan bermanfaat, semuanya dijamin tidak ada biaya serupiah pun yang saya keluarkan, saya berharap Program ini tetap dipertahankan karena banyak masyarakat yang kehidupan ekonominya masih sulit, bisa untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari saja sudah syukur,” ungkapnya.

Sebagai pekerja lapangan Bang Tonang menceritakan suka dukanya saat bekerja. 

“Saya ini pekerja lapangan, setiap hari di Pelabuhan mulai dari pagi sampai sore hari bahkan kadang malam ya tergantung kapal yang masuk karena setiap ada kapal barang yang berlabuh harus segera dibongkar muatannya, kalau hujan dan panas itu sudah makanan kami sehari-hari,” ungkap Bang Tonang.

Saat ditanya tentang Aplikasi Mobile JKN-KIS Bang Tonang mengatakan sangat mengapresiasi inovasi-inovasi yang diluncurkan BPJS Kesehatan. 

Walaupun ia pekerja lapangan tapi ia mengikuti perkembangan teknologi informasi, Bang Tonang memanfaatkan fasilitas yang ada di aplikasi Mobile JKN karena banyak kemudahan-kemudahan yang disediakan, ia bisa mengecek datanya dan keluarga, bisa konsultasi atau chat dengan dokter, bisa melakukan pendaftaran pelayanan dan banyak lagi kemudahan yang disediakan BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN-KIS sehingga lebih efektif dan efisien.

Dalam menjalani profesinya sebagai mandor lapangan Bang Tonang juga memanfaatkan layanan WhatsApp untuk berkoordinasi dengan agen-agen kapal dan rekan kerjanya. 

“Dulu saya memang tidak mau menggunakan handphone Android karena menurut saya tidak praktis, tapi seiring perkembangan zaman mau tidak mau ya harus saya ikuti ternyata lebih mudah dan praktis,” jelas Bang Tonang.

Terkait Program JKN-KIS ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah dan juga BPJS Kesehatan sebagai Badan Pengelola Jaminan Kesehatan. 

“Kami sebagai masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya Program JKN-KIS ini sangat bermanfaat dan membantu meringankan beban ekonomi, saya berharap program ini tetap diteruskan dan ditingkatkan pelayanannya,” pungkas Bang Tonang. (Red/Brt)
Baca Juga